Awan Gelap Datang, Waspadai Dampak Hujan

Awan Gelap Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Langit Jakarta mulai ditutupi awan tebal menjelang siang hari ini. Masyarakat diminta untuk mewaspadai hujan yang akan turun dengan deras yang disertai angin kencang. Saat ini, awan tebal menggelayut tebal di atas gedung-gedung di Jalan Sudirman.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya sudah menginformasikan hingga Februari akhir ini, Jakarta diprediksi akan turun hujan dengan intensitas yang tinggi. Meski secara iklim global, curah hujan di Indonesia normal.

Potensi curah hujan di Jakarta setiap harinya bersifat fluktuatif. Hujan lebat akan terjadi selama satu hingga dua jam. Sedangkan hujan ringan bisa saja bertahan hingga enam jam.

Hujan biasanya akan menyebabkan kemacetan yang disebabkan banyak hal. Seperti genangan air, pohon tumbang, dan kemacetan yang disebabkan karena banyak pengendara motor berteduh di bawah jembatan layang. 

Selama Januari, hujan di Jakarta diprediksi terjadi di atas 400-500 milimeter. Kemungkinan besar, hujan akan terjadi pada pagi, sore hingga dini hari.

Saat hujun dengan angin kencang yang terjadi pada Kamis, 5 Januari 2012 kemarin, hampir seluruh wilayah Jakarta ditutupi kabut, sejak hujan turun pada pukul 14.00 WIB. Hujan yang terjadi saat itu membuat Jakarta semrawut.

Selain itu, terjadi juga sapuan angin kencang antara lain di Bunderan Hotel Indonesia. Sejumlah karyawan di wilayah itu merasa khawatir, karena hujan yang turun tidak biasa.

Khusus pengendara roda dua, diminta untuk selalu berhati-hati. Sebab, struktur jalan yang bergelombang, berlubang, bahkan rusak banyak sekali ditemui di jalan-jalan utama Jakarta. Pengendara disarankan supaya tidak memacu kendaraannya, sebab jalan menjadi licin. (adi)

Diusung PKS jadi Bakal Cawalkot Depok, Imam Budi Hartono: Kerja Berat Menanti Saya
Davina Karamoy Saat Promo film Jin dan Jun di Kantor Viva.co.id

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Davina Karamoy mengungkapkan bahwa dia belum merasa mantap untuk mengenakan hijab, meskipun dia sudah menjadi mualaf sejak masa SMA, tapi belum memilih berhijab.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024