200 Rumah di Penjaringan Hangus

Kebakaran di Mangga Besar Hanguskan Ratusan Rumah
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kawasan padat penduduk, di Teluk Gong, Jalan Mazda 2, RT 07/09 Kelurahan Penjagalan, Penjaringan Jakarta Utara, dilanda kebakaran, Selasa 10 Januari 2012.

Bangunan yang terbakar adalah rumah kontrakan sebanyak 200 pintu. Pemukiman itu dihuni 212 lebih kepala keluarga yang terdiri dari 890 jiwa. Api merambat dengan cepat dan melalap bangunan di tiga RT, yaitu RT 04, RT 05, dan RT 07.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya satu orang shok yang kini sedang ditangani dengan memberikan oksigen," ucap Julfikar salah satu petugas PMI di lokasi kejadian.

Warga di sekitar lokasi kejadian, Umri Lamhari, 45, menduga api berasal dari rumah tetangganya, sekitar pukul 10.00 WIB. "Penyebabnya dari kompor gas," kata Umri.

Penghuni rumah kontrakan ini, lanjutnya, kebanyakan bukan penduduk asli. "Mereka kebanyakan pendatang dan mengontrak rumah disini," paparnya.

Sekretaris Kelurahan Penjagalan, Suria Atmaja, mengatakan pihaknya akan memasang dua tenda pengungsian dari PMI dan Sudin Sosial. Tenda itu akan dipasang di  sekitar tanggul Teluk Intan.

"Sementara diperkirakan tenda itu akan menampung sekitar 500 jiwa. Jumlah itu kemungkinan akan bertambah," ujar dia.

Kepala Suku Ðinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara, Nurdin Silalahi, mengungkapkan musibah tersebut disebabkan oleh  kebocoran tabung gas ukuran 3 kg dari warung milik warga sekitar.

"Kesulitan pemadaman karena sumber air jauh, dan jalan akses masuk yang sempit. Kemudian kerumunan warga juga menyulitkan petugas," katanya.

Api bisa dijinakkan setelah kurang lebih dua jam dengan mengerahkan sebanyak 29 unit mobil pemadam kebakaran.

Laporan : Àrnes Ritonga | Jakarta Utara, eh

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun
Herjuniot Ali

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Lebih lanjut, Herjunot Ali menuturkan bahwa menjadi seorang DJ memberinya sensasi yang berbeda dibandingkan dengan akting. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024