Hindari Bahaya, Papan Reklame Gunakan Baterai

Akibat hujan deras melanda Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera memanggil seluruh pengusaha reklame di ibukota. Pertemuan ini akan membahas beberapa hal termasuk keamanan papan reklame.

Kepala Dinas (Plh) Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta, Wiriyatmoko, mengatakan, evaluasi dan pembahasan mengenai master plan reklame akan dilakukan dalam pertemuan itu.

"Salah satunya terkait sistem aliran listrik yang digunakan untuk penerangan reklame," ujar Wiriyatmoko di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, 10 Januari 2012.

Menurut Wiriyatmoko, nantinya aliran listrik pada papan reklame besar tidak akan langsung disambungkan ke PLN. Guna menghindari bahaya korsleting pada saat cuaca buruk, penggunaan solarcell atau baterai akan diterapkan. Karena bisa lebih aman.

"Saya sedang coba minta dengan ahlinya untuk diganti, bila roboh itu tidak akan nyetrum," katanya.

Dalam kesempatan itu, akan disampaikan bahwa izin mendirikan bangunan (IMB) khusus untuk pendirian papan reklame akan dihentikan. Evaluasi terhadap konstruksi papan reklame akan dilakukan hingga Juli mendatang.

Pengawasan yang kurang maksimal membuat banyak reklame yang roboh saat hujan disertai angin kencang melanda Jakarta beberapa waktu lalu. Satu orang tewas karena tersengat aliran listrik dari reklame roboh.

"Tidak ada izin baru, setop dulu. Kalau ada perizinan baru saya tidak mau tanda tangan, kita evaluasi dulu," ucapnya.

Sanksi bagi pengusaha papan reklame yang melanggar pengurusan izin mendirikan bangunan akan diterapkan. Dinas P2B akan bekerjasama dengan Dinas Pelayanan Pajak.

"Karena memang pengusaha reklame kadang-kadang ada yang suka asal-asalan. Mereka menghalalkan segala cara, agar (reklame) berdiri, semua dilanggar," ujar Wiriyatmoko.

Wiriyatmoko mengaku telah meminta kepada para Suku Dinas P2B di masing-masing wilayah DKI untuk melakukan pengawasan lebih ketat.  (eh)

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Gelar Rakornas Pilkada, PAN Harap Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024