Jakarta Tetap Bangun Mal Hingga 2015

Pembangunan Flyover Antasari
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait penghentian sementara (moratorium) pembangunan pusat perbelanjaan atau mal sejak 2011 lalu tak membawa dampak yang signifikan.

Research Colliers International Indonesia menyatakan hingga 2015 mendatang pembangunan mal di ibukota masih akan terus berlangsung.

"Pada 2014 ada beberapa mal yang akan dibangun. Bahkan hingga 2015 masih ada," ujar Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis malam.

Ferry mengatakan, pembangunan mal ini dapat terealisasi karena pengembang sudah mengantongi izin sebelum kebijakan moratorium diumumkan oleh pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun lalu.

"Setelah ada peraturan moratorium mal seharusnya tidak ada lagi yang boleh memperoleh izin pembangunan, namun karena izinnya sudah dikantongi sebelum pengumuman maka mal tetap akan dibangun sampai 2015," jelasnya.

Colliers melansir, mal-mal yang dalam tahap konstruksi dan direncanakan diluncurkan tahun ini antara lain Kemang Village, Menteng Square, Kota Kassablanka, Pulomas X-'Venture, Ciputra World Jakarta, dan Pondok Indah Street Gallery.

Kecuali Pulomas X-'Venture, sisanya masih berlokasi di Jakarta Selatan dan Pusat. Ditambah lagi, Agung Podomoro baru meluncurkan proyeknya, Kuningan City Mall, pada akhir tahun lalu.

Colliers pun menghitung, tahun ini pasokan kumulatif mal di Jakarta akan tumbuh hingga 5,6 persen atau seluas 335.456 meter persegi (m2). Pertumbuhan yang diramalkan bahkan lebih tinggi dibanding tahun lalu, di mana pasokan bertambah 4,5 persen menjadi 5,95 juta m2.

Dihubungi terpisah oleh VIVAnews.com, Kepala Dinas Tata Ruang DKI Jakarta, Wiriyatmoko membantah kabar yang menyatakan pembangunan mal tersebut akan berlangsung hingga 2013 mendatang.

"Jangan dilebih-lebihkan, yang dibangun hingga tahun ini sudah mendapat izin lebih dulu sebelum moratorium mal diberlakukan tahun lalu," tegasnya.

Namun, dia tak membantah ada banyak pembangunan mal di ibukota tahun ini. "Jumlahnya puluhan, saya tidak tahu jumlah pastinya," kata Wiriyatmoko. (umi)

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab
Denny Cagur

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Setelah resmi terpilih jadi anggota DPR RI, Denny Cagur mengungkap ke depannya ia akan memprioritaskan karier sebagai wakil rakyat dan mengurangi kegiatan entertainment.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024