Tiga Pendemo Robohkan Pagar DPR Dibebaskan

Unjuk Rasa Di DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Tiga pengunjuk rasa yang diduga kuat ikut dalam aksi perobohan pagar Gedung DPR/MPR RI, sudah dibebaskan. Mereka hanya dimintai keterangan untuk mendata organisasi yang ikut dalam aksi menuntut percepatan reformasi agraria itu.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Agung Budi Maryoto, mengatakan, pemeriksaan sudah selesai dilakukan sejak pukul 17.00 WIB, ketiganya sudah dibebaskan.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

"Tiga orang itu tadi dimintai keterangan, sekarang mereka sudah kembali," ujar Agung di Jakarta, Kamis, 12 Januari 2012.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, mengatakan, unjuk rasa sudah dalam kondisi aman. Tapi langkah penindakan akan tetap dilakukan polisi untuk menindaklanjuti aksi unjuk rasa yang sempat ricuh.

Seperti kejadian di Kemendagri dan DPR RI. Di mana, masa pengunjuk rasa, kata Baharudin, sempat melakukan perusakan. Karena itu, imbauan untuk selalu menyampaikan aspirasi dengan damai kembali diingatkan Baharudin.

Seperti diketahui, sebanyak tiga demonstran yang salah satunya adalah Wawan, anggota Serikat Petani Pasundan Tasikmalaya, ditangkap. Mereka kemudian diperiksa terkait perusakan pagar gedung DPR. Mereka merobohkan pagar di sebelah kanan pintu masuk.

Setelah dirobohkan, sejumlah orang berlari menuju ke dalam gedung. Namun, aksi mereka langsung dihalau petugas dengan barikade.

Semprotan air untuk membubarkan massa juga dilakukan oleh tiga kendaraan water cannon yang telah disiagakan sejak siang. Selain merobohkan pagar di pintu masuk gedung wakil rakyat, massa juga merusak lima ruas pagar pembatas jalan tol di depan Gedung DPR/MPR RI.

Saat menuntut pembebasan rekan mereka yang ditangkap. Pengunjuk rasa melempar pagar gedung ke jalan Tol Dalam Kota. Kejadian ini sempat membuat lalu lintas di jalan bebas hambatan itu berhenti total. (art)

VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024