Polda Siapkan Mobil Baru Penyapu Ranjau Paku

Mobil penyapu ranjau paku
Sumber :
  • Facebook TMC Polda Metro Jaya

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membentuk tim khusus untuk membersihkan ranjau paku yang disebar di sebagian jalan utama Jakarta. Tim ini akan mulai bekerja dari pukul 05.30-22.00 WIB.

Wakil Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Wahyono, mengatakan pihaknya akan menambah tiga buah mobil khusus untuk mengatasi paku-paku yang tersebar di jalan yang dianggap rawan.

"Tim ini akan bertugas melakukan pembersihan jalan-jalan yang diduga menjadi rawan penebaran ranjau paku," kata Wahyono kepada VIVAnews.com, Sabtu malam 14 Januari 2012.

Dua mobil yang sebelumnya tersedia akan dimodifikasi dengan meletakan magnet menggunakan peralatan modern, yaitu magnet dari kumparan listrik yang ditempatkan di mobil-mobil patroli jenis Ford Ranger.

Rencananya dalam waktu dekat ini, mobil tersebut akan diujicoba, apakah kumparan magnet listrik  itu cukup kuat menarik paku, jika kurang kuat akan diperbaiki lagi.

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, beberapa ruas jalan yang rawan ranjau paku seperti, Jakarta Selatan, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, dan Jalan Sultan Agung. Serta dari traffic light Pondok Ungu sampai jembatan Banjir Kanal Timur, Cakung, Bekasi, Jalan Raya Bogor, Jalan Casablanka, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto.

"Kami harapkan, semua kendaraan baru ini akan siap dalam minggu ini," tuturnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya mencatat sekitar 1,5 kilogram paku disebar di jalan Ibu Kota setiap harinya. Sementara, Saber Community sebuah komunitas penyapu ranjau paku swadaya masyarakat berhasil mengumpulkan 300 kilogram paku yang dipungut dari jalan-jalan Jakarta sejak Agustus 2011-Januari 2012. (eh)

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Kepada Yasushi  Masaki, Ida Fauziyah berharap terus memperkuat hubungan kerja sama bilateral Indonesia-Jepang, khususnya di bidang ketenagakerjaan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024