Warga Blokir Jalan Menuju GKI Yasmin

Unjuk Rasa Jemaat GKI Yasmin
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Perselisihan warga dengan jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin tak juga mereda. Seperti kebaktian Minggu sebelumnya, hari ini, 15 Januari 2012, jemaat yang akan beribadah kembali dihalangi warga.

Tidak hanya jemaat, anggota Komisi III DPR RI Eva Kusuma Sundari dan anggota Komisi I Lili Wahid juga diusir paksa warga saat akan meninjau lokasi.

"Tidak hanya jemaat, warga juga mengepung kendaraan anggota Dewan dan mengusir keluar dari perumahan itu," kata Juru Bicara Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bona Singgalingging.

Ditambahkan Bona, sejak pagi, jalan masuk perumahan Taman Yasmin diblokir warga. Jemaat yang sudah menunggu sejak pagi diusir dari gereja yang statusnya dipersengketakan itu. Kejadian ini kembali membuat suasana memanas.

Ketegangan dimulai saat warga Curug Mekar, Bogor Barat, memintai identitas jemaat GKI Yasmin yang mulai berdatangan di perumahan itu untuk melaksanakan kebaktian. 

Permintaan itu ditolak jemaat yang sejak pagi tertahan di pintu masuk perumahan Yasmin. Adu mulut tidak dapat dihindari. Lama-kelamaan, jemaat mulai terdesak. Mereka memutuskan untuk pergi, tapi warga tetap mengejar mereka.

Petugas keamanan dari Polres Kota Bogor, dibantu petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor langsung menghadang aksi warga.

Akhirnya, jemaat GKI melaksanakan kebaktian di rumah salah satu jemaat yang berada di perumahan itu, di bawah pengamanan petugas. "Warga menunggu jemat di depan rumah. Bersyukur tidak terjadi tindakan anarkis saat peribadatan dilakukan," katanya.

Mahkamah Agung memutuskan IMB gereja itu sah sehingga GKI Yasmin boleh didirikan di kompleks perumahan Taman Yasmin. Bahkan, Ketua MA Harifin Andi Tumpa mengatakan Walikota Bogor harus melaksanakan putusan MA ttanpa syarat.

Suasana jadi memanas saat Walikota Bogor Diani Budiarto membatalkan IMB untuk GKI Taman Yasmin. Audiensi dengan Majelis Ulama Indonesia juga sudah dilakukan. MUI menguatkan alasan Walikota menolak bangunan gereja di lokasi yang sekarang, karena dinilai tidak sesuai dengan prosedur yang ada. (Laporan: Ayatullah Humaeni, Bogor | kd)

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024