Perbaikan Jalan Rusak di DKI Selesai Juni

Jalan rusak di Jakarta
Sumber :
  • bataviabusway.com

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berjanji segera memperbaiki 106 jalan lokal yang rusak dan berlubang di empat wilayah ibukota. Jalan lokal yang akan diperbaiki dengan betonisasi ini dikerjakan menggunakan anggaran multiyears 2011-2012.

Pemprov DKI menganggarkan Rp88,64 miliar dan ditargetkan selesai pada Juni 2012. Adapun 106 jalan lokal yang akan dibeton yakni di Jakarta Utara ada 71 jalan dengan anggaran perbaikan sebesar Rp48,95 miliar, dan Jakarta Barat ada 13 jalan dengan anggaran sebesar Rp33,05 miliar.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Lalu Jakarta Selatan terdapat 11 jalan lokal yang rusak dan berlubang dengan anggaran perbaikan sebesar Rp3,38 miliar. Serta Jakarta Timur tercatat ada 11 jalan lokal rusak dengan anggaran perbaikan sebesar Rp3,24 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Ery Basworo, mengatakan banyak jalan yang mengalami kerusakan berat, sehingga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

“Untuk meminimalisasi kecelakaan akibat jalan rusak, maka kami lakukan perbaikan dengan segera,” kata Ery, di Jakarta, Rabu, 18 Januari 2012.

Karena kerusakan jalan sudah cukup berat, kata dia, maka perbaikan dilakukan dengan menggunakan betonisasi atau rigid. Sehingga, kondisi jalan menjadi lebih baik dan tahan lama dari kerusakan.

Untuk empat wilayah tersebut, perbaikan dibagi menjadi 106 paket pengerjaan yang saat ini sudah berlangsung. Dia menargetkan pengerjaan rampung pada Juni 2012.

Untuk jalan rusak di Jakarta Timur, Ery menjelaskan yang ditangani jalan-jalan bersifat cekung. Saat ini ada 11 jalan rusak yang akan diperbaiki, yaitu Jalan Tambun Rengas, Jalan Kayu Tinggi, Jalan Swadaya PAM, Jalan Komarudin, Jalan Kompleks PIK, Jalan Tenggiri, Jalan Kayu Mas Timur, Jalan Sunan Sedayu, Jalan Kayu Mas Utara, Jalan Kebon Sereh Timur, dan Jalan Kayu Putih 1. Semua dilakukan dengan betonisasi.

Farhat Abbas Diperiksa Polisi Pekan Ini soal Laporan Penistaan Agama ke Pendeta Gilbert

Sedangkan di Jakarta Pusat, sebagian besar perbaikan jalan rusak sudah dilaksanakan dengan pelapisan ulang dengan aspal di 87 ruas jalan di 8 kecamatan. Diantaranya, Jalan Kartini, Jalan Kerinci, Jalan Pangeran Jayakarta, dan Jalan Percetakan Negara.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Jalan Jakarta Selatan, Yayat Hidayat, menerangkan di 10 kecamatan terdapat 573 ruas jalan lokal yang rusak. Dari total jalan lokal rusak, yang sudah tertangani sebanyak 514 ruas jalan, sedangkan yang belum tertangani ada sebanyak 59 ruas jalan. Kerusakan jalan terjadi karena berlubang dan terjadi retakan di jalan. Terhadap ruas jalan yang sering kali berulang perbaikannya akan dibetonisasi.

“Dari 59 jalan lokal yang rusak di Jakarta Selatan, untuk tahun ini kami melakukan perbaikan di 11 lokasi jalan lokal dengan dana multiyears. Kami sudah melakukan lelang di tahun 2011, sehingga pekerjaan bisa dilanjutkan di tahun 2012 tanpa menunggu pengesahan APBD 2012,” kata Yayat.

Dia merinci 11 jalan rusak yang sedang diperbaiki saat ini antara lain Jalan Panjang Cidodol, Jalan H. Jian, Jalan Benda Atas, Jalan Perbanas, Jalan Baru Velbak, Jalan Taman Bintaro, Jalan Dahlia, Jalan Pulo Raya, Jalan Cikoko Barat 9, Jalan AUP Raya, dan Jalan Kemang 3.

Kepala Suku Dinas PU Jalan Jakarta Barat, Yusmada Faizal, menjelaskan pihaknya sedang fokus menangani betonisasi 13 ruas jalan lokal yang rusak sepanjang 16 kilometer. Ke-13 jalan tersebut yaitu Jalan Peternakan II, Jalan Semanan Raya, Jalan Satu Maret / Jalan Peta Utara, Jalan 20 Desember, Jalan Kamal Benda, Jalan Manyar Utara Lanjutan, Jalan Tanjung Pura Raya, Jalan Warung Gantung Lanjutan, Jalan Pondok Randu Lanjutan, Jalan Inspeksi Kali Sodetan Sekretaris, Jalan Pos Pengumben Lama, Jalan Lintas Kavling, dan Jalan Menceng Raya.

“Saat ini pekerjaan masih dalam persiapan pengecoran. Kami sedang berkoordinasi dengan Polisi dan Dinas Perhubungan untuk membuat mekanisme kerja yang baik sehingga tidak mengganggu lalu lintas jalan. Jadi pengerjaan sudah dimulai, hingga empat bulan kedepan,” katanya.

Kepala Sudin PU Jalan Jakarta Utara, Maman Suparman, mengatakan di wilayahnya paling banyak jalan rusak yang diperbaiki yaitu ada 71 jalan. Di antaranya Jalan Balai Rakyat Raya, Jalan Kramat Jaya Blok R Gg. 8, Jalan Kramat Jaya Gang III Blok X, Jalan Kramat Jaya Gang IV Blok X, Jalan Kramat Jaya Gang V Blok X, Jl F Rawabadak, Jalan Cibanteng Barat, Jalan Janur Hijau 1, Jalan Mengkudu, Jalan Inspeksi Kali Sunter Komposting, Jalan Koramil, Jalan Lontar Taman, Jalan Rorotan 6, Jalan Rorotan 10, Jalan Malaka Jaya, Jalan Swadaya Sukapura lanjutan, Jalan Cilincing Baru 2, Jalan Kali Baru Barat 6, dan Jalan Pademangan VIII sejajar Tol.

Ria Ricis dan sang putri, Moana.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Ria Ricis baru-baru ini kembali menjadi sorotan usai membagikan kisahnya sebagai seorang ibu. YouTubers tersebut menceritakan tentang upayanya membeli tiga baby box.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024