Polisi: Rem Mobil Afriyani Tidak Blong

Afriyani Susanti, pengemudi Daihatsu Xenia Maut
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Maut tak terelakkan. Sebuah mobil Daihatsu Xenia B 2479 XI yang dikemudikan Afriyani Susanti, 29, menabrak belasan orang di kawasan Tugu Tani, Gambir, Jakarta Pusat. Sembilan orang tewas. Empat orang luka-luka, dengan satu di antaranya kritis.

Mulanya Afriyani mengatakan kehilangan kendali kemudi karena rem blong. Namun, keterangan itu terbantahkan setelah hasil pemeriksaan teknis di lapangan menunjukkan rem mobil dalam kondisi baik.

"Kami sudah kroscek ke TKP. Tidak ada bekas rem. Mobil berhenti karena menabrak beton. Dia bilang remnya blong. Kami periksa tenyata tidak blong," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, dalam konferensi pers, Senin, 23 Januari 2012.

Dengan kecepatan kendaraan sekitar 100 kilometer per jam, Afriyani kehilangan konsentrasi saat mendekati tempat kejadian. Mobil yang dikemudikannya oleng, dan menyapu belasan pejalan kaki di trotoar. Mobil baru terhenti setelah menabrak beton. "Pengemudi ngantuk, hilang konsentrasi," ujarnya.

Afriyani terjerat pasal berlapis Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Ia terbukti mengemudikan secara tidak wajar, tidak memiliki SIM, dan tidak membawa STNK kendaraan. Ia juga terancam pasal tentang penyalahgunaan narkotika.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024