DKI: Ganti Rugi Pohon Tumbang Masih Dikaji

Akibat hujan deras melanda Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Sebanyak tiga pohon tumbang di Jakarta akibat hujan disertai angin kencang yang terjadi di Jakarta pagi tadi, Rabu, 25 Januari 2012. Tiga lokasi pohon tumbang tersebut di antaranya Jalan Dharmawangsa IV, Jakarta Selatan, depan Universitas Atmajaya di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, dan Jalan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Pohon tumbang yang terjadi di Jalan Dharmawangsa IV tidak hanya merusak empat mobil dan bajaj yang sedang parkir, tetapi juga menewaskan supir bajaj tersebut.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Catharina Suryowati, mengatakan berdasarkan laporan dari petugasnya di lapangan, pohon tumbang di Jalan Dharmawangsa IV berada di dalam gedung eks lapangan golf. Sehingga bukan berada dalam tanggung jawab Pemprov DKI.

"Saya belum tahu detail kejadian dan lokasinya, nanti akan diselidiki lebih lanjut," kata Chatarina di Jakarta.

Begitu pula dengan masalah ganti rugi asuransi untuk kerusakan empat mobil dan satu bajaj. Termasuk tewasnya sopir bajaj akibat tertimpa pohon tumbang di jalan tersebut.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut. Menurut dia, penyelidikan dilakukan guna mengetahui apakah pohon yang tumbang di Jalan Dharmawangsa merupakan tanggung jawab dinasnya atau menjadi tanggung jawab si pemilik gedung tersebut.

Sebab, berdasarkan aturan yang ada, kendaraan bermotor yang rusak dan korban tewas akibat tertimpa pohon tumbang akan menerima ganti rugi asuransi minimal Rp10 juta apabila pohon tersebut ada di pinggir jalan. Tidak di dalam gedung atau halaman gedung.

Apabila terjadi kerusakan kendaraan dan korban tewas akibat pohon tumbang di kawasan gedung, maka tidak mendapatkan ganti rugi, karena bukan tanggung jawab Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

"Sesuai aturan hukum yang ada, pohon tumbang yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI akan diberikan ganti rugi bagi pemilik kendaraan yang rusak serta keluarga korban. Tetapi kami belum bisa mengatakan tanggung jawab siapa terhadap peristiwa pohon tumbang di Dharmawangsa itu. Kami masih menyelidikinya," ucapnya.

Berdasarkan keterangan saksi mata, Sudarwoko, 34, warga Ciledug, pohon tumbang itu berada di pinggir jalan. Saat terjadi hujan disertai angin kencang, kondisi lalu lintas di jalan tersebut sedang macet total.

Kemudian pohon tersebut tumbang dan jatuh miring menimpa empat mobil dan bajaj. Pengemudi keempat mobil itu bisa langsung keluar dan dievakuasi. Sedangkan sopir bajaj tidak bisa bergerak cepat keluar, akhirnya tewas tertimpa dahan pohon yang besar.

"Lokasi pohon tumbang itu ada di seberang kantor Walikota Jakarta Selatan. Tepatnya di tempat penjualan tanaman hias. Jadi ada di pinggir jalan. Mobil dan bajaj itu bukan parkir, tapi mereka terjebak macet. Saat ini, polisi sudah datang, namun sopir bajaj belum dievakuasi," kata dia. (eh)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024