Tarif Transjakarta Akan Digabung Biaya Parkir

Liburan tahun baru di Ragunan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Tarif bus Transjakarta akan dibundel atau digabung dengan tarif parkir pemilik kendaraan pribadi yang naik angkutan massal itu. Karenanya, Badan Layanan Umum Transjakarta akan memperbanyak lokasi "Park and Ride" secara bertahap.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan, tarif parkir yang ditetapkan Rp8.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk kendaran roda dua. "Tapi itu sudah dengan tiket bus Transjakarta sebesar Rp3.500. Jadi masyarakat hanya membayar Rp4.500 untuk mobil, dan Rp 1.500 untuk motor," katanya.

Dengan tarif bundel itu, masyarakat bisa menitipkan kendaraan selama 24 jam. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta baru memiliki satu lokasi yakni di kawasan Halte Ragunan. Namun demikian, "Park and Ride" milik swasta juga sudah banyak.

Selama ini, di Jakarta berlaku tarif parkir progresif. Dengan ketentuan itu, setiap orang yang menggunakan jasa layanan parkir kendaraan roda empat harus mengeluarkan Rp3.000 untuk satu jam pertama, dan Rp1.500 untuk setiap jam berikutnya. Sementara untuk kendaraan roda dua Rp1.000 pada jam pertama dan Rp500 untuk jam berikutnya.

Karenanya, jika lokasi parkir diterapkan tarif progresif, masyarakat tak antusias menitipkan kendaraannya dan beralih ke bus Transjakarta untuk sarana transportasi. Saat ini, masyarakat masih bisa menikmati fasilitas parkir vertikal di Ragunan secara gratis sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Tiga lokasi baru untuk "Park and Ride" akan ditambah, yaitu di Kalideres, Kampung Rambutan, serta Pulo Gebang. Fasilitas tersebut dibangun dengan sistem knock-down, agar mudah untuk memindahkan kendaraan yang ada.

Ia juga mengundang pihak swasta untuk membangun "Park and Ride". Sehingga bisa menampung lebih banyak kendaraan, dan tidak parkir lagi di badan jalan.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024