17 Aksi Atasi Macet Jakarta Mulai Berjalan

Truk melintas di Jalan Tol Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Wakil Presiden (Wapres) Boediono menggelar rapat untuk mengevaluasi penanganan masalah transportasi di Jakarta. Rapat terdahulu, pada 2 September 2010 yang lalu, telah memutuskan 17 langkah yang harus diambil untuk mengurangi kemacetan Jakarta.

“Kami sekarang mengevaluasi dan menginventarisasi apa yang sudah berjalan dan apa yang belum. Apakah ada langkah-langkah itu perlu kita dorong atau disederhanakan,” tutur Wapres.

Dalam laporannya, Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menyampaikan bahwa sebagian dari 17 langkah itu sudah berjalan. Misalnya, pengaturan jam operasi angkutan barang di tol dalam kota, penertiban angkutan liar, pemberlakuan harga khusus bahan bakar gas untuk angkutan umum, upaya sterilisasi jalur busway, pembangunan lingkar dalam, pembangunan fasilitas park and ride, penambahan jalur busway, penghapusan perparkiran on-street, serta penegakan hukum perparkiran di jalan utama.

Sedangkan langkah-langkah yang belum terselesaikan antara lain adalah regulasi untuk penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di jalan utama Jakarta dan pembentukan Otoritas Transportasi Jabodetabek.

Selain itu ada beberapa rencana jangka menengah yang masih berlangsung antara lain pembangunan jalur rel KA ke bandara; Pembangunan MRT yang kini sedang dalam tahap persiapan pembebasan tanah dan konstruksi akan dimulai akhir 2012, dan  pembangunan enam ruas jalan tol baru di dalam kota Jakarta.

Untuk yang terakhir ini, “Kami sudah memberi izin dan sekarang sedang negosiasi dengan investor untuk enam ruas tol DKI Jakarta. Investornya adalah konsorsium Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jakarta. Menurut laporan Gubernur mestinya pada bulan Oktober konstruksinya sudah bisa dimulai,” tutur Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. (eh)

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024