Macet Demo Buruh Bekasi Hingga ke Cawang

aksi demo buruh di bekasi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Ribuan buruh menutup akses tol Jakarta-Cikampek. Arus lalu lintas dari Jakarta macet total, begitu juga sebaliknya. Antrean mobil pun mengular.

"Kendaraan dari arah Cikampek kita keluarkan ke pintu tol Karawang Barat dan Karawang Timur. Sedangkan yang mengarah ke arah Jakarta dikeluarkan di pintu tol Bekasi Barat dan Timur," ujar petugas TMC Polda Metro Jaya, Marsono Ardy, Jumat 27 Januari 2012.

Selain itu, dia menyarankan kepada warga Jakarta yang ingin menuju ke Bandung agar menggunakan jalur alternatif melalui tol Jagorawi atau melalui Jonggol.

"Bisa melewati tol Jagorawi keluar ke Gadog kemudian Puncak tembus ke Cianjur. Atau, keluar Cibubur kemudian Cileungsi tembus ke Jonggol sampai ke Cianjur," kata Marsono.

Berdasarkan pantauan VIVAnews.com di TMC Polda Metro Jaya, sampai pukul 17.00 WIB, kemacetan telah berlangsung dari KM 9 Pondok Gede Timur mengarah ke Cikampek.

Kendaraan yang terpantau di KM 22 tampak tidak bergerak. Kemacetan panjang bahkan telah terjadi di tol Cawang menuju ke Cikampek.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Aksi unjuk rasa buruh ini dipicu kemenangan Apindo Kabupaten Bekasi pada Kamis kemarin 26 Januari 2012 di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Dalam amar putusan, Majelis Hakim memerintahkan agar Gubernur Jawa Barat merevisi SK UMK tahun 2012. Upah buruh batal naik 30 persen menjadi Rp1.491.000.

Demo besar-besaran pun dilakukan. Ratusan ribu buruh turun ke jalan. Peserta demo buruh tidak hanya berasal dari karyawan-karyawan perusahaan dari tujuh kawasan industri di Kabupaten Bekasi. Buruh-buruh yang bekerja di perusahaan di luar kawasan industri juga turun ke jalan sebagai bentuk solidaritas mereka sesama buruh.  (umi)

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024