2.500 Pohon di Jakarta Selatan Rawan Tumbang

Pohon Tumbang di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sekitar 2.500 pohon rawan tumbang tersebar di sepuluh kecamatan di Jakarta Selatan. Maka masyarakat diminta waspada saat hujan lebat dan angin kencang masih akan melanda Jakarta hingga akhir Maret.

Cuaca ekstrim yang terjadi di Jakarta berpotensi menumbangkan pohon seperti angsana, tanjung, dan mahoni, yang tersebar di wilayah itu.

"Sebagian besar pohon sudah berusia di atas 20 tahun dan keropos," kata Kepala Sukudinas Pertamanan Jakarta Selatan, Sabtu, 28 Januari 2012.

Ada beberapa daerah yang banyak terdapat pohon besar dan tua, dan penopingan atau pemangkasan pohon-pohon yang dianggap membahayakan sangat diutamakan.

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Wilayah Rawan

Pohon rawan tumbang paling banyak berada di kawasan Tebet, dan wilayah Jalan Brawijaya dan sekitarnya, Jalan Iskandar Muda, daerah Cilandak atau sekitar Cilandak KKO, Pesanggrahan, Jalan Bangka, Pancoran, Pasar Minggu, dan Jagakarsa. Tapi yang paling banyak di Kecamatan Tebet.

Selama Januari ini, telah dilakukan pemangkasan 15 pohon di Jalan Darmawangsa, 20 pohon di Tebet Barat, 9 pohon di Setiabudi, dan 8 pohon di Pesanggrahan. Pemangkasan berat dilakukan terhadap pohon dengan tinggi di atas 15 meter, dan di kawasan Cilandak KKO ada sekitar 70 pohon yang harus dipangkas.

Saat hujan deras yang disertai angin kencang membuat pohon tumbang di kawasan Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada Rabu 25 Januari 2012 lalu. Kejadian ini memakan korban jiwa, seorang sopir bajaj tewas tertimpa pohon berukuran besar. Empat mobil yang sedang melintas juga tertimpa dan mengalami rusak berat.

Selain di Dharmawangsa, pohon tumbang juga terjadi di depan kampus Atmajaya ke arah Semanggi. Kemudian Jalan Pangeran Antasari tepatnya depan Apartemen Paradise, Rawajati Kalibata, dan depan kampus Bina Nusantara yang ke arah Arteri Pondok Indah. (ren)

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran
Ilustrasi pelecehan seksual

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Pelaku yang mengaku sebagai pendeta itu diminta mengobati CH. Bukannya diobati, pelaku malah melecehkan korban di lantai dua panti asuhan di Sukolilo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024