Buruh: Apindo Jangan Provokasi Pengusaha

aksi demo buruh di bekasi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Sekitar seribu buruh dari Aliansi Serikat Buruh Tangerang Raya menggelar aksi turun ke jalan. Mereka menuntut pengusaha industri di Tangerang menerapkan revisi UMK oleh Gubernur Banten, dari Rp1.381000 menjadi Rp1.529000.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Tidak hanya itu, buruh juga meminta kepada pengusaha tidak memprovokasi perusahaan untuk tidak menjalankan SK revisi UMK Tangerang 2012 yang sudah disepakati sebelumnya.

Aksi ini mendapatkan penjagaan dan pengawalan dari aparat gabungan Polri dan TNI. Mereka tampak melakukan penjagaan di sejumlah titik aksi buruh.

Dengan menggunakan sepeda motor, buruh membagikan selebaran yang berisi ketetapan pembayaran UMK Tangerang yang direvisi Gubernur Banten.

Dalam selebaran itu buruh memberitahukan kepada pengusaha bahwa Apindo telah mencabut gugatan ke PTUN Serang pada 6 Februari 2012 lalu.

"Jadi pengusaha harus menerapkan," kata Poniman Koordinator Aliansi Serikat Buruh Tangerang Raya, Kamis, 9 Februari 2012.

Aksi para buruh dilakukan secara merata di sejumlah kawasan industri di Tangerang Raya. Seperti kawasan industri Batu Ceper, Daan Mogot, Jati Uwung, Telesonik, Cikupa, Curug, Bitung, dan Balaraja.

Poniman mengungkapkan seluruh kawasan industri menjadi sasaran aksi untuk menyuarakan pemberlakuan UMK sesuai keputusan gubernur Banten.

Selain melakukan aksi membagikan selebaran, buruh juga mendirikan posko aduan UMK yang tersebar di sejumlah sekretariat buruh di Tangerang. Posko tersebut untuk aduan buruh terhadap pengusaha yang tidak membayar UMK sesuai ketetapan gubernur.

Sementara, aksi buruh Tangerang yang diisukan akan memblokir jalan tol Merak-Tangerang sampai saat ini tidak ada. (eh)

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition
Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024