Setelah Bandul Beton, KA Pasang Besi Tampar

KRL Bogor-Kota
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Berbagai upaya ditempuh PT Kereta Api (KA) untuk mencegah penumpang naik di atap. Namun mereka tetap nekad meski tahu itu berbahaya.

Setelah menerapkan palang penampar dengan bahan fiber, saat ini penghalang diperkuat dengan elemen besi di beberapa bagian.

Security Manager Daops I PT KA, Akhmad Sujadi, mengatakan palang penampar atau yang disebut pintu koboi itu dipasang di tiang listrik aliran atas (LAA) di antara Stasiun Pasar Minggu Baru dan Stasiun Kalibata. Ini dilakukan agar penumpang jera dan tidak lagi naik di atap.

"Yang sembilan bulan lalu dipasang itu bahannya sebagian besar dari fiber dan terlalu lentur. Yang sekarang ini akan kami sempurnakan dengan besi," kata Sujadi, di Jakarta, Jumat, 10 Februari 2012.

Dia menmbahkan mulai hari ini, dari stasiun awal, para penumpang sudah diingatkan akan keberadaan palang penampar ini melalui pengeras suara. Dengan demikian, penumpang dapat menjaga keselamatan dirinya sendiri dengan tidak duduk di atap kereta.

"Sekitar 30 petugas juga kami turunkan di Stasiun Pasar Minggu Baru pada pagi hari dan Stasiun Kalibata pada sore hari," ujar Sujadi.

Setelah dipasang di lintas itu, lanjutnya, PT KA akan melakukan evaluasi di lokasi lain yakni Stasiun Citayam dan Stasiun Depok. Nantinya pemasangan ini dilakukan secara bertahap. (umi)

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita
Ria Ricis dan sang putri, Moana.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Ria Ricis baru-baru ini kembali menjadi sorotan usai membagikan kisahnya sebagai seorang ibu. YouTubers tersebut menceritakan tentang upayanya membeli tiga baby box.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024