JK Ajak Korban Kebakaran ke Rumah Susun

Duta Untuk Komodo Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, mengunjungi korban kebakaran di Jalan Lautze, Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin 13 Februari 2012. Dalam kunjungan itu, warga diusulkan untuk tinggal di rumah susun.

"Rusun merupakan salah satu solusi agar hidup lebih tenang, dan untuk perbaikan lingkungan lebih mudah," ujar Kalla usai bertemu warga korban kebakaran.

Dengan pindah dari pemukiman padat ke rumah susun, menurut Jusuf Kalla merupakan satu cara untuk  mencegah terjadinya kebakaran besar, seperti yang terjadi di Jalan Lautze dan menghanguskan lebih dari 400 rumah, pada Selasa 7 Februari 2012.

"Kalau rusun banyak ruang kosong, ada tempat main anak , terus kalau ada bencana, mobil pemadam lebih mudah masuk, udara juga lebih sejuk karena pemukiman tidak padat," katanya.

Namun Kalla sadar, bahwa idenya agar warga beralih dari tinggal di pemukiman padat ke rumah susun tidak mudah diterima warga yang telah lama tinggal di pemukiman.

"Saya tahu warga pasti menolak ide itu, tapi  kita bicarakan dulu solusi rusun ini, Tidak ada cara lain di dunia ini," kata Kalla.

Memang benar bahwa saran Jusuf Kalla agar warga pindah ke rumah susun tidak bisa diterima begitu saja. Ketua RW 07, Wenny Ismoyo mengatakan, sulit untuk merealisasikan ide tersebut, mengingat banyak warga yang telah tinggal lebih dari 25 tahun dan enggan untuk pindah.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Salah satu yang dipikirkan warga adalah masalah harga sewa rumah susun yang menurutnya lebih mahal di banding bila tinggal di rumah mereka sendiri.

"Susah sepertinya, banyak dari mereka yang dari kakek neneknya sudah tinggal di sini," ujar Wenny

Dalam kunjungan itu, Jusuf Kalla berkesempatan  mengunjungi dapur umum PMI dengan didampingi sejumlah anggota, pengurus RW dan Kelurahan.
Kedatangan Kalla disambut puluhan warga yang mengungsi, beberapa warga menyalami Kalla dan berteriak meminta bantuan berupa bahan bangunan untuk merenovasi rumahnya yang telah ludes dilalap api.

"Pak Haji, minta bahan bangunan dong," ujar salah satu warga. (eh)

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Setelah penetapan KPU, Prabowo selaku Presiden terpiih mendatangi markas PKB untuk menemui Cak Imin. Elite pendukung Prabowo pun ikut merespons.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024