TransJakarta Tak Layak Jalan Dikandangkan

Busway Transjakarta Terbakar
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta, mengakui terdapat dua bus di koridor II jurusan Pulo Gadung-Harmoni yang surat kelaikan kendaraannya kadaluwarsa. Dua bus itu kemarin dikandangkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Kepala BLU TransJakarta, M Akbar menerangkan masalah surat kelaikan kendaraan atau KIR ini merupakan kewajiban dari operator bus yaitu PT Trans Batavia.

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Atas kejadian ini, dia meminta pada operator untuk melakukan pemeriksaan ulang pada armadanya. Jika ditemukan yang tidak layak harus segera diuji ulang hingga lolos.

"Sebenarnya kan memang operator yang berkewajiban terhadap armadanya baik secara teknis dan administratif," ujar Akbar, di Jakarta, Jumat, 24 Februari 2012.

Menurutnya secara teknis armada tersebut harus siap untuk beroperasi dan mesinnya tidak bermasalah. Sementara secara administratif, operator juga harus terus memeriksa masa berlaku STNK, asuransi, pembayaran pajak dan juga surat uji kelaikan kendaraan. "Sanksinya ya tidak boleh beroperasi. Kalau ada kejadian seperti itu jadi menyebabkan pendapatannya akan berkurang," tuturnya.

Pasca kejadian ini, Akbar akan meminta seluruh operator untuk semua koridor melakukan pemeriksaan pada semua armadanya agar kejadian serupa tidak terulang. Mengingat kejadian ini dapat membahayakan keamanan dan kenyamanan penumpang.

Kemarin, empat unit bus yakni dua bus TransJakarta dan dua Metromini dikandangkan karena surat KIR kendaraan telah kadaluwarsa. Dua bus Transjakarta seluruhnya beroperasi di koridor II (Pulo Gadung-Harmoni).

Bus Transjakarta bernomor polisi B7472 ZX didapati surat KIR nya telah mati sejak 12 Agustus 2011 dan bus Transjakarta bernomor polisi B 7523 ZX yang buku uji KIR nya mati sejak Agustus 2011. (umi)

Wakil wali Kota Depok Imam Budi Hartono

Depok Masuk Aglomerasi DKJ, Wakil Wali Kota: Semoga Lebih Banyak Positifnya

Daerah aglomerasi Jabodetabekjur diharapkan akan banyak pengaruh terhadap pembangunan di Depok.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024