Lawan Arus, Pancoran-Semanggi 5 Menit

Contra Flow arus Lalin di Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kontra arus (contra flow) lalu lintas di Tol Dalam Kota dari arah Cawang resmi diujicoba hari ini. Untuk melalui jalur ini, kendaraan yang menuju Semanggi harus masuk di u-turn KM 3.50 depan Bank Bukopin, Pancoran.

Quincy Jordan Meriahkan Industri Musik dengan Lagu Aku Tau

Sekitar sepuluh petugas berjaga di titik dimulainya contra flow ini. Mereka mengarahkan pengendara mobil masuk ke ruas itu. Berdasarkan pantauan VIVAnews, sejumlah pengemudi ragu-ragu  masuk ke jalur lawan arus. Banyak pengendara yang belum tahu, sehingga tidak memanfaatkan sistem ini.

Tidak sedikit pula yang terlanjur melintas di jalur kiri dan tengah, sehingga sulit masuk jalur lawan arus. Padahal untuk masuk jalur ini, sejak pintu gerbang tol cawang, pengemudi seharusnya pelan-pelan sudah mengambil jalur kanan.

Ruas yang digunakan untuk contra flow adalah jalur cepat dari arah Semanggi menuju Cawang. Untuk mengantisipasi terjadinya tabrakan, petugas memasang rambu pembatas.

Bule Asal Brazil di Bali Berulah, Mengamuk dan Merusak Properti C Cafe Jimbaran

Pantauan VIVAnews sebelum u-turn, kendaraan tampak padat, namun, begitu memasuki kontra arus, lalu lintas lancar. Biasanya di jalur ini macet parah hingga pintu keluar tol Kuningan.

Kepadatan baru terjadi di pertemuan antara kendaraan dari jalur contra flow dengan kendaraan yang melaju dari jalur tol dalam kota. Namun hanya sesaat, setelah keluar komdak arus terpecah.

Mobil Hyundai Sudah Setop Produksi di Pabrik Handal Bekasi

Kepala Satuan Polisi Jalan Raya Ajun Komisaris Besar M Jazari, memaklumi jika sebagian besar masyarakat belum paham dengan kebijakan baru ini. Menurut dia, rencananya siang ini akan dilakukan evaluasi.

Jika hasilnya memuaskan tidak menutup kemungkinan cara ini dibuat permanen. "Untuk besok bagaimana, kami masih menunggu evaluasi," katanya di lokasi.

Salah seorang pengendara, Ami,  mengaku cukup puas dengan diberlakukannya contra flow. Dia mengatakan waktu tempuh menjadi lebih cepat. Hanya membutuhkan waktu lima menit dari Pancoran ke Semanggi. "Saya menjadi lebih cepat tiba di kantor," kata warga Cimanggis ini. (umi)

Latihan Timnas Indonesia di Lapangan B Senayan

Prediksi Rangking Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Vs Irak dan Filipina

Ranking Timnas Indonesia diprediksi bakal melesat jika berhasil memetik dua kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Menurut kalkulasi 

img_title
VIVA.co.id
1 Juni 2024