Wikileaks Juga Soroti Pilkada DKI 2007

Tampilan depan laman WikiLeaks
Sumber :
  • wikileaks.ch

VIVAnews - Pilkada Jakarta 2007 lalu ternyata menjadi salah satu isu yang dibahas dalam situs WikiLeaks. Dalam kabel bertajuk 'PKS versus Dunia Dalam Pemilihan Gubernur Jakarta', WikiLeaks membeberkan dugaan jual beli dukungan yang dilakukan Fauzi Bowo. Saat itu Foke masih menjabat wakil gubernur.

"Fauzi menggalang koalisi menggunakan uang dan musuh bersama," demikian tulis WikiLeaks. Fauzi Bowo, atau akrab disapa Foke, disebutkan membeli suara tiga dari empat partai besar di Jakarta dengan mengeluarkan dana setidaknya Rp5 miliar.

Gubernur Jakarta periode sebelumnya, Sutiyoso, disebut sebagai penyandang dana utama untuk kampanye Foke. Dengan demikian, dia bisa mengalahkan rivalnya dalam Pilkada, Adang Daradjatun, yang diusung oleh PKS. "Tidak ada yang lebih mengikuti perkembangan pilkada selain Sutiyoso sendiri," tulis WikiLeaks.

Jika Foke memenangkan pilkada, maka Sutiyoso juga akan aman karena tuduhan korupsi tidak akan sempat mampir padanya.

Diungkap pula bahwa alasan sebenarnya PKS mengusung Adang sebagai calon hanya satu, yaitu uang. Demi menggalang dukungan PKS, Adang sendiri disebut-sebut membayar partai itu sebesar Rp15 miliar hingga Rp25 miliar.

Pilkada 2007 juga disebut menjadi semacam prediksi untuk pemilu presiden 2009 yang kemudian dimenangkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono hanya dalam satu putaran.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Meski panjang leba menulis soal pilkada DKI. nformasi yang ditulis WikiLeaks ini belum tentu benar. (umi)

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024