Beli Tiket Pesawat di Bandara Rentan Calo

Grand Desain Bandara Soekarno-Hatta (khusus galeri foto)
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - PT Angkasa Pura II, selaku pengelola Bandar Udara Soekarno Hatta, mengungkapkan bahwa maraknya percaloan karena banyak penumpang kini memilih beli tiket di bandara untuk berangkat pada hari yang sama, ketimbang memesan jauh-jauh hari. Angkasa Pura juga menemukan tidak sedikit calo yang berasal dari pekerja di biro jasa perjalanan (travel agent). 

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Direktur Operasional Angkasa Pura II, Salahudin Rafi, mengatakan dulu para penumpang pesawat sudah membeli tiket pesawat sebelum berangkat ke bandara. Kini, lanjut Rafi, trennya berubah. Kebanyakan penumpang saat ini mendadak beli tiket di bandara.

"Ada budaya yang berubah. Dulu orang yang mau naik pesawat sudah membawa tiket, sekarang kebanyakan penumpang go show," kata Rafi hari ini di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Dia juga mengungkapkan bahwa 15 persen calo tiket dari yang mereka temukan beroperasi di kawasan bandara merupakan pegawai dari biro jasa perjalanan (travel agent).

"Hasil tangkapan, 10-15 persen calo berasal dari travel agent karena mereka membawa identitas resmi travel agent," kata Rafi.

Dia menyatakan AP II selalu bertindak tegas dalam memberantas percaloan. Seluruh maskapai sudah dikumpulkan dan membuat perjanjian khusus untuk bekerjasama memberantas percaloan tiket.

"Tidak mungkin ada calo kalau tidak ada permainan dengan internal maskapai. Maka kami bersinergi dengan maskapai," katanya.

Penertiban areal bandara juga meliputi penindakan atas pedagang asongan. Guna meyelesaikan persoalan ini, AP II memfasilitasi pedagang asongan dengan mendirikan pendopo di parkiran agar mereka tidak lagi berjualan areal lain.

"Pembelinya kebanyakan sopir yang sedang menunggu," kata Rafi. (ren)

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024