Foke Dekati Etnis Tionghoa di Taman Mini

Fauzi Bowo Saat Perayaan Tahun Baru Imlek 2563 di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, meresmikan peletakan batu pertama pembangunan museum Hakka etnis Tionghoa di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin, 8 Agustus 2012. Bangunan ini merupakan bangunan museum pertama etnis Tianghoa yang ada di Indonesia.

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat kepada Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera, atas terlaksananya peletakan batu pertama pembangunan Museum Hakka Indonesia," kata Fauzi Bowo.

Dalam sambutannya, Fauzi Bowo menyampaikan rasa hormatnya karena dapat bersilaturahim dengan para tokoh Hakka, dan komunitas Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera.

Diharapkan, peletakan batu pertama ini menjadi momentum untuk meningkatkan suasana kehidupan yang saling menghargai dan saling menghormati antara sesama umat tanpa memandang suku maupun agama.

Dijelaskan Foke, bahwa Suku Hakka ikut memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Jakarta. Pembangunan museum ini juga menjadi representasi semangat suku Hakka.

"Jakarta tidak bisa dipisahkan dari entis Tionghoa. Kontribusinya tidak kecil karena ikut menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian di Jakarta. Terima kasih atas kontribusi Anda semua," katanya.

Pembangunan Museum Hakka ikut memberikan kontribusi bagi peningkatan kerukunan umat beragama di Jakarta, serta dapat hidup berdampingan secara nyaman, damai dan harmonis dengan masyarakat di sekitarnya.

Fauzi Bowo juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi dalam Pilkada DKI pada 11 Juli lalu, dan diharapkan komunitas Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera kembali berperan serta dan mengajak pemilih di lingkungan agar tidak Golput pada putaran kedua.

Museum Hakka ini akan berdiri di lahan seluas 4.000 meter dengan t iga lantai. Lantai dasar untuk perpustakaan. Sementara lanti dua dan tiga akan dijadikan ruang pamer dan diisi peninggalan etnis-etnik Tionghoa dan suku Hakka. (Umi

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024