Perludem: Foke Kampanye di Lokasi Kebakaran

Fauzi Bowo atau Foke kunjungi korban kebakaran Karet Tengsin, Jakarta Pusat
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

VIVAnews - Kunjungan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo ke tempat pengungsian korban kebakaran Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat mendapat sorotan. Selain menyindir kandidat Gubernur DKI Joko Widodo, dalam kunjungan itu Fauzi Bowo dinilai memanfaatkan musibah kebakaran untuk berkampanye.

"Ini kebiasaan politisi kita, memanfaatkan musibah dan bencana untuk komersialisasi politik," kata Direktur Eksekutif Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi, Titi Anggraeni, Jumat 10 Agustus 2012.

Dia menilai, Foke --sapaan Fauzi-- sengaja mengunjungi korban kebakaran karena kapasitasnya yang juga sebagai incumbent guna meraih simpati warga. Komersialisasi politik yang dilakukan para politisi itu hanya sekadar kemasan untuk mendulang suara dengan kecenderungan transaksional.

Seperti yang dilakukan Foke, di mana dia menjanjikan akan membangun kembali rumah-rumah korban kebakaran. Namun, sebelumnya Foke sempat menanyakan lebih dulu kepada para korban. "Waktu kemarin nyolok siapa? Kalau nyolok Jokowi bangun di Solo aja sono," kata Foke.

Titi menilai bantuan kepada korban musibah hanya diberikan kalau ada suara yang diberikan dari mereka. Sehingga dengan melakukan transaksional seperti itu, Foke dinilai sedang melakukan kampanye.

Karena, dari omongannya itu tersirat Foke mengajak para korban untuk memilih dirinya pada Putaran Kedua Pilkada DKI September mendatang. Titi mengingatkan, definisi kampanye adalah meyakinkan pemilih dengan program, visi, dan misi. "Bukan sebaliknya dengan power, uang, apalagi ini sama orang yang sedang jadi korban musibah," kata Titi.

Foke sendiri tidak mau memberikan penjelasan terkait sindirannya kepada Jokowi dalam kunjungannya menemui korban kebakaran Karet Tengsin, Jakarta. "Saya tidak memberikan komentar. Itu sudah ditangani oleh tim sukses saya. Terima kasih," kata Foke ketika ditemui di sebuah acara komunitas hubungan industrial.

Kepala Media Center Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Kahfi Siregar, menjelaskan ucapan Foke itu hanya guyonan belaka. Menurutnya gaya humor Foke memang khas seperti itu, spontan. "Dia tertawa saat berbicara, warga juga ikut tertawa, dan langsung direspons," kata Kahfi. Ia menegaskan Foke tidak bermaksud menyindir siapapun. (umi)

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?
Chandrika Chika

Penampakan Chandrika Chika Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Udah Pakai Baju Oren

Publik kembali dihebohkan dengan perbuatan selebgram Chandrika Chika, yang kini ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Dia ditangkap bersama temannya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024