Libur Lebaran, 31 Kebakaran Landa Jakarta

Kebakaran di Tambora, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Selama libur Lebaran, 17-26 Agustus 2012, nyaris setiap hari di berbagai wilayah Jakarta terjadi kebakaran. Data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, selama kurun waktu itu tercatat 31 peristiwa kebakaran.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

"Rinciannya adalah di Jakarta Pusat empat kasus, Jakarta Utara tujuh kasus, Jakarta Barat lima kasus, Jakarta Selatan enam kasus dan Jakarta Timur enam kasus," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, Paimin Napitupulu di Ciracas, Jakarta Timur, Senin 27 Agustus 2012.

Dari 31 kasus kebakaran saat liburan itu tidak ada korban jiwa. Tetapi belum diketahui data rinci nilai kerugian materiil. Secara keseluruhan sepanjang Januari sampai Agustus 2012, telah terjadi 662 kasus kebakaran di Ibukota.

"Dari 662 kasus itu sebanyak 31 orang meninggal dunia, dan 70 orang luka- luka," ujar dia. Penyebab kebakaran tertinggi terjadi karena listrik yang mencapai 443 kasus. Kemudian karena kompor 66 kasus, rokok 27 kasus dan lain-lain 126 kasus.

"Dari semua kasus terbanyak menimpa bangunan perumahan sebanyak 304 unit, bangunan umum dan perdagangan 154 unit, bangunan industri 12 unit, kendaraan 62 unit dan lain-lain 130 unit," kata Paimin.

Dari 662 kebakaran, kasus terbanyak terjadi di wilayah kota Jakarta Timur disusul Jakarta Barat. "Di Jakarta Timur sebanyak 177 kasus, Jakarta Barat 143 kasus, Jakarta Utara 127 kasus, Jakarta Selatan 126 kasus dan Jakarta Pusat 89 kasus," kata dia.

Walau kasus terbanyak terjadi di wilayah Jakarta Timur, kerugian dan total bangunan terbesar terjadi di wilayah Jakarta Barat.

"Jakarta Barat yang paling parah, karena banyak kawasan padat yang rumahnya dempet-dempet seperti di Tambora. Ini yang menjadikan total rumah terbakar lebih banyak," ujar Paimin. "Sedangkan di Kepulauan Seribu nihil, karena memang tidak ada kasus kebakaran." (umi)

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024