Pembunuh Nenek di Depok Jalani Rekonstruksi

Ilustrasi.
Sumber :

VIVAnews - Dede Tolik alias Ade (21), tersangka pembunuhan sadis disertai perampokan terhadap Juju Juhariyah, nenek 63 tahun, di kawasan Komplek Pelni, Blok I/3, No. 1, Rt 02 Rw 19, Sukmajaya, Depok, jalani rekonstruksi, Rabu 29 Agustus 2012.

Reka ulang pembunuhan yang berlangsung di lingkungan  Mapolresta Depok itu dihadiri kejaksaan serta pengacara tersangka, dengan memperlihatkan 26 adegan.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Beberapa di antaranya ialah, cara tersangka mengeksekusi nyawa korbannya dengan cara mencekik dan membenturkan kepala ke lantai berkali-kali hingga akhirnya tewas di tempat.

Pantauan VIVAnews saat reka ulang beberapa perwakilan keluarga ikut hadir menyaksikan jalannya rekonstruksi. Tak hanya pihak keluarga korban, sejumlah tetangga yang saat itu melihat kedatangan tersangka sebelum kejadian turut dihadirkan sebagai saksi.

"Tersangka telah mengakui perbuatannya dan mengaku khilaf. Akibat perbuatannya tersangka kami ancam dengan pasal berlapis, 338 tentang pembunuhan dan 365 tentang perampokan. Ancamannya minimal 20 tahun penjara dan maksimal seumur hidup," kata Kapolsekta Sukmajaya Ajun Komisaris Polisi Fitria Mega.

Kuasa hukum tersangka, Herman Dionne, mengatakan pihaknya belum bisa berkomentar lebih jauh karena masih menunggu hasil rekonstruksi. "Ya kami lihat nanti sajalah," ucapnya.

Seperti yang diketahui, selain membantai korbannya yang baru selesai salat, tersangka juga membawa kabur uang tuanai senilai Rp9 juta. Dua hari selang kejadian, tersangka diringkus di tempat persembunyiannya di kawasan Brebes, Jawa Tengah.

Dari pengakuan tersangka, dirinya nekat menghabisi nyawa mantan sang manjikan lantaran terdesak himpitan ekonomi. Tertangkapnya pelaku, berawal dari keterangan sejumlah saksi, yang merupakan tetangga dekat korban. Ketika itu, para saksi ini mengaku, sebelum akhirnya ditemukan tewas, kediaman korban sempat didatangi seorang pria yang wajahnya tak asing.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024