Pindah Penjara, Napi Koruptor Kena Serangan Jantung

Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin di Bandung.
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Sebanyak 33 narapidana tindak pidana korupsi yang menghuni rumah tahanan (rutan) Cipinang dipindahkan ke Lapas Cipinang kelas I, sementara 13 lainnya dibawa ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Rabu malam, 29 Agustus 2012.

Menurut Kepala Rutan Cipinang, Syaiful Sahri, seharusnya terdapat 34 napi yang dipindah ke Lapas Cipinang kelas I. Namun seorang napi koruptor mendadak mengalami serangan jantung.

"Targetnya memang seharusnya ada 34 napi yang dipindah. Tetapi saat mau dipindah ke Lapas Cipinang malam itu, seorang napi terkena serangan jantung," ujar Syaiful Sahri kepada VIVAnews, Kamis, 30 Agustus 2012.

Napi koruptor bernama Kusnan itu saat ini tengah menjalani perawatan di RS Harapan Kita.  Sebelumnya, Kusnan sempat mendapat perawatan di Poliklinik Rutan Cipinang. "Ada pembengkakan pada dada kiri," ungkap Syaiful. 

Terkait kabar yang menyatakan sempat adanya protes dari pihak napi atas pemindahan ini, Syaiful membantahnya. Ia mengaku proses pemindahan berjalan cukup lancar dan para napi cukup kooperatif.

"Memang kita harus mensosialisasikan dulu kepada mereka bahwa ini konsekuensi yang harus dilakukan sesuai keputusan Kementerian Hukum dan HAM," katanya.

Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Proses pemindahaan dimulai sejak pukul 19.00 WIB dimana para napi koruptor diminta untuk berkemas, melengkapi administrasi. Baru sekitar pukul 21.00 WIB, para tahanan diberangkatkan ke Lapas Cipinang I dan Lapas Sukamiskin menggunakan mobil bus Transpas.

Kurangi Kepadatan

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Dengan adanya pemindahan ini, Syaiful mengakui, rutan Cipinang kini tak lagi terlalu padat karena ada pengurangan hunian kamar tahanan. "Kasus tipikor semakin meningkat, tentu butuh ruang," ujarnya.

Napi Tipikor yang menjadi warga binaan rutan Cipinang saat ini berjumlah sebanyak 103 orang. Sebelumnya, napi tipikor Gayus Tambunan cs dan lima orang telah lebih dulu dipindahkan. Saat ini, masih ada 52 warga binaan tipikor lainnya di rutan Cipinang yang akan segera dipindahkan.

"Ada 49 tahanan yang sedang menunggu masa inkrah, dan tiga napi tengah sakit dan sedang masa perawatan di RS MMC karena operasi tulang belakang dan dua lainnya di RS Harapan Kita usai menjalani operasi jantung. Setelah sehat, napi yang sakit akan dipindahkan," katanya. (ren)

Hajj Pilgrims

Religion Ministry Issues 75 thousand Visas for Indonesian Hajj Pilgrims

Ministry of Religious Affairs (MoRA) has issued aroud 75,572 visas for Indonesian hajj pilgrims.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024