Car Free Night, Jalan Jakarta Semrawut

Bundaran HI menyambut malam pergantian tahun
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya memberlakukan aturan car free night di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin pada malam pergantian tahun baru ini. Sebanyak 16 panggung disebar di jalur jalan itu untuk menghibur warga Jakarta.

Meski sudah menyediakan kantong parkir di berbagai tempat tetapi masih banyak warga Jakarta yang tidak bisa menghabiskan malam tahun baru di titik-titik keramaian itu.

Pantauan VIVAnews, Senin 31 Desember 2012 malam, ketika memasuki kawasan Tanah Abang untuk menuju Bundara Hotel Indonesia, kendaraan baik mobil maupun motor masih bisa dilalui dengan kecepatan 30-40 KM/jam. Namun kendaraan yang melaju tidak bisa bergerak menuju putaran Tanah Abang yang akan ke arah Bundaran Hotel Indonesia melalui Thamrin City.

Kebanyakan kendaraan mengambil arah bawah yang menuju Cideng. Sampai di jalur tersebut jalanan lancar dan bisa dilaju sekitar 50-60 Km/jam atau normal. Untuk kendaraan yang ke arah Hotel Indonesia, terpaksa harus lewat Pasar Baru melalui jalan belakang Mahkamah Konstitusi atau Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Namun di Jalan Veteran, kendaraan sudah padat. Pasalnya jalur menuju Istana negara dari arah Gajah Mada ditutup total karena ada car Free Night. Kemudian, dari arah Veteran menuju Jalan pejambon, tepat di depan gedung Kementerian Agama banyak pengendara yang sudah mulai mematikan kendaraannya karena tidak bisa bergerak.

Untuk mencapai Tugu Tani saja, pengendara menghabiskan waktu 2 jam dari Jalan Pejambon. Laju kendaraan terhambat karena banyak warga yang menghabiskan malam pergantian tahunnya dengan memasang kembang api serta petasan di jalan raya.

Salah satu warga asal Depok, Ajat, 27 tahun, mengaku terjebak di lautan kendaraan yang sama-sama akan menuju Bunderan Hotel Indonesia. "Saya tidak tahu kalau akan terjebak seperti ini, saya berangkat dari Jenderal Sudirman pukul 21.00 WIB, memang tadi hujan makanya naik mobil untuk menuju HI tetapi tersendat dan tidak bisa bergerak di Tugu Tani," katanya.

Hingga pukul 00.10 WIB, 1 Januari 2013 kendaraan yang berada di Tugu Tani hanya bisa bergerak dengan kecepatan 5-10 Km/jam. Terlihat banyak kendaraan roda dua yang memboncengi penumpang lebih dari dua orang dan banyak yang tidak menggunakan helm sebagai alat pelindung keselamatan berkendara. (adi)

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024