Jokowi Akan Adopsi Sistem Tata Kota Korea Selatan

Jokowi ngopi Bareng Pewarta Foto Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan, Kim Yeong Seon di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 4 Januari 2013. Mereka membahas kerjasama pembangunan infrastruktur dan transportasi.

"Dengan dubes ingin mengkonkretkan kerjasama yang sudah ditandatangani Indonesia dengan Korea. Konsentrasinya ada dua tadi, mengenai restorasi kali Ciliwung," kata Jokowi usai pertemuan.

Menurut Jokowi, restorasi kali Ciliwung mulai digarap tahun ini. Rencananya pengerukan kali akan dilakukan mulai dari Masjid Istiqlal sampai wilayah Pasar Baru.

"April akan dimulai. Kalau respons masyarakat baik, kami lanjutkan pada sebuah proyek yang lebih besar," ucapnya.

Jokowi dan Dubes Korea Selatan juga membahas kerjasama dalam bidang transportasi. Dikatakan Jokowi, fokus pembicaraan kerjasama dalam bidang transportasi adalah pengembangan kereta api.

"Mereka akan beri bantuan kereta api dari Jakarta ke Depok atau tempat lain di sekitar Jakarta. Saya tadi sampaikan kita tidak usah terlalu banyak bicara, segera dilaksanakan karena itu menyangkut orang yang banyak," katanya.

Mereka berdiskusi mengenai tata kota di Korea Selatan yang dinilai telah mengalami kemajuan. Jokowi mengaku akan mengadopsi sistem tata kota di Korea Selatan.

"Ya kalau yang saya lihat di Korea itu kan sungai tengah kota itu kan diporselin. Malam hari sungainya bisa dipakai buat jalan. Kali yang besar pinggirnya bisa dikasih kayu untuk dibuat jogging track. Bagus sekali kenapa tidak dicontoh? Saya bolak balik ke sana memang penanganannya bagus," lanjutnya.

Dubes Korea, Kim Yeong Seon, menyambut baik kerjasama tersebut. Ia mengaku akan meningkatkan terus hubungan kerjasama antara Seoul dan Jakarta.

"Sebenarnya akan dilaksanakan dalam beberapa tingkatan. Pemerintah lalu DKI Jakarta dan seoul," ujar Kim.

Menurut dia, Januari ini tepat 40 tahun hubungan bilateral antara Korea Selatan dan Indonesia. Korea Selatan akan menggelar sebuah event untuk merayakan hubungan bilateral kedua negara tersebut. Kim akan mendatangkan artis papan atas Korea selatan.

"Kami akan menyelenggarakan konser musik pada 9 Maret di Gelora Bung Karno. Jadi Big Bang, Super Junior dan 2 PM. Para wartawan silakan datang kami bisa merayakan bersama," ujarnya. (umi)

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions
Komandan tim TKN Golf Haris Rusli Moti (tengah)

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae

TKN Golf dari Prabowo-Gibran mengajak para pendukung dan pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming untuk menjadi amicus curiae atau sahabat pengadilan secara massal.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024