Jokowi: Tragedi Bocah RI Harus Jadi Peringatan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melayat
Sumber :
  • VIVANews/Luqman Rimadi

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta seluruh warga DKI Jakarta agar menjadikan peristiwa yang dialami RI, bocah kelas 5 SD yang meninggal pada Minggu, 6 Januari lalu sebagai peringatan bagi orangtua untuk menjaga anaknya.

"Memang masalah di Jakarta ini sangat kompleks, jadi semua saling kait-mengkait. Inilah sebuah realitas yang  kita bersama-sama harus perbaiki," ujar Joko Widodo usai menjenguk orangtua RI di kawasan Pulogebang, Jakarta Timur, 7 Januari 2013.

Ayah RI, Sunoto, menceritakan kondisi RI yang sakit sejak beberapa bulan lalu. Sebelum dibawa ke RS Persahabatan, RI sempat dibawa ke Puskesmas terdekat. Namun karena keterbatasan peralatan, kondisi RI justru memburuk.

"Problem kita banyak, problem di pelayanan, di puskesmas, rumah sakit, kelurahan, kecamatan, semuanya. Ini jadi pelajaran, kita perbaiki, terutama masalah keamanan itu," katanya.

Mengenai adanya dugaan pelecehan seksual atas RI, Jokowi hanya berharap kasus tersebut segera terungkap. "Kalau perlu bantuan hukum, kami siap bantu, Ya mudah- mudahanan gak ada masalah lah untuk masalah itu," ungkapnya.

Daftar Harga Pangan 19 Maret 2024: Beras hingga Cabai Kompak Naik

Diselidiki Polisi

Pada 29 Desember 2012 lalu, RI dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dalam kondisi kejang-kejang dan tidak sadarkan diri. Saat diperiksa, dokter menemukan organ vital korban mengalami luka dan menyebabkan infeksi.

Meski sudah ditangani secara insentif dari tim dokter RSUP Persahabatan, RI tetap tidak sadarkan diri. Bocah itu akhirnya meninggal dunia pada Minggu, 6 Januari 2013, pukul 06.00 WIB, di RS Persahabatan. 

Hingga kini, polisi masih mendalami dugaan adanya unsur kekerasan seksual yang dialami RI. Pemeriksaan terhadap saksi-saksi sudah dilakukan. Korban mendadak jadi pendiam sejak satu bulan lalu dan ketakutan bila ingin pergi ke sekolah. Hingga akhir hayatnya, RI belum mengungkapkan kepada orangtua dan keluarganya terkait apa yang dialaminya. (ren)

Dukung Hak Palestina, China Jalin Hubungan Erat dengan Hamas
Kate Middleton akhirnya terlihat di publik bersama Pangeran William

Tepis Teori Konspirasi, Kate Middleton Terlihat Sehat dan Bahagia di Foto terbaru

Dalam video dan potret yang baru saja diunggah oleh media Inggris The Sun bersama dengan TMZ, Kate Middleton membuktikan bahwa seluruh konsporasi yang beredar di internet

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024