Mulai 15 Januari, 40 Kopaja Masuk Jalur Busway

Kopaja AC
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Mulai 15 Januari mendatang, bus Kopaja akan terintegrasi dengan Transjakarta. Untuk tahap awal, ada dua trayek yang masuk jalur Transjakarta, yaitu Kopaja P20 jurusan Lebak Bulus-Senen, dan S13 jurusan Ragunan-Slipi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menjelaskan Kopaja P20 dan S13 akan terintegrasi dengan koridor VI Ragunan-Dukuh Atas, dan koridor VIII jurusan Harmoni-Lebak Bulus

Menurutnya pengelola Kopaja menyediakan 40 bus untuk kedua trayek itu. Sebab tidak semua Kopaja akan diintegrasikan dengan busway. Hanya bus yang sudah direvitalisasi saja dapat masuk ke jalur Transjakarta. "Mereka sudah ada AC, tingginya sesuai. Lalu ada pintu tengah untuk naik ke halte," kata Pristono, Selasa 8 Januari 2013.

Nantinya akan diberlakukan tiket terusan. Penumpang cukup membayar Rp5.000 untuk tiket Kopaja, dan naik busway tanpa harus membeli tiket lagi. Tapi, aturan ini tidak berlaku untuk penumpang Transjakarta. "Penumpang Transjakarta harus membayar lagi jika ingin naik Kopaja," ucap dia.

Ia menilai sistem ini dapat menarik minat penumpang untuk naik Transjakarta. Setelah uji coba dilakukan evaluasi. Jika terdapat kemajuan, pada Maret mendatang akan ditambah armada. "Janjinya sampai Maret mereka turunkan 60 unit lagi," ujar Pristono. (umi)

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall
Kartu SIM atau SIM card.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Telkomsel juga telah meluncurkan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) yang diharapkan dapat mengurangi limbah bekas cangkang kartu SIM.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024