Longsor, Puncak Lumpuh Total

Belasan Rumah Tertimpa Longsor di Cilebut
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Tebing pembatas jalan jalur Puncak longsor. Akses puncak dari Cianjur maupun Bogor lumpuh total. Longsor berlokasi di dekat, Kampung Puncak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tebing pembantas jalan sepanjang 50 meter dan tinggi 15 meter di depan Hotel Bukit Indah, longsor menutup dua jalur. Beruntung lalulintas tidak padat sehingga tidak ada korban jiwa.

Menurut saksi, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.15 WIB. Hujan yang terus menerus mengguyur wilayah tersebut, sejak pagi mengakibatkan tanah labil menjadi tergerus. "Saya kira suara gemuruh itu geledek. Soalnya keras. Taunya tebing pembatas jalan longsor," ujar Uan, 42, salah seorang warga yang kebetulan sedang berada dilokasi.

Akibat peristiwa ini, arus lalu lintas dari Bogor dan Cianjur terputus. kemacetan panjang akibat antrian terjadi lebih dari tiga kilometer. Dari pantauan kendaraan mulai parkir di bahu jalan. Petugas kepolisian polres cianjur mencoba memutar balik arus. Petugas BPBD kabupaten Cianjur menunggu alat berat untuk mengangkat timbunan longsor yang
menutup lebar jalan.

Atep (38) warga balakang, jalan tengah, Cipanas Cianjur terpaksa harus membawa Kakaknya yang harus dirawat ke RS. Paru Paru Ciloto memutar ke
Sukabumi.v"Kakak saya Nani (45) harus segera dirawat kata dokter. Dia udah sakit tiga minggu. Sakit paru parunya tambah parah. Harus segera dirawat.
Sekarang jadi harus muter ke Sukabumi," keluhnya.

Ia menjelaskan jika normal dari kediamanya menuju rumah sakit hanya sekitar 45 menit. "Buat muter balik aja saya udah lebih dua jam mengantre. Kasian kaka saya kalo muter ke Sukabumi butuh waktu empat jam lebih,"katanya.

Hingga malam ini puluhan petugas gabungan polri, TNI, BPBD dan warga coba mengangkat matril besar dengan hati hati. Mereka mencoba membuat akses kecil sekitar 30 meter untuk bisa dilalui motor.

Lalulintas Dialihkan
Petugas Lalu Lintas (Lantas) Polres Bogor, Jawa Barat, mengalihkan kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak. "Untuk sementara ini, kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dialihkan ke arah Sukabumi," ungkap, Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi, Edwin Affandi, kepada wartawan saat di temui di lokasi pengalihan.

Selain dialihkan ke Sukabumi, kata dia, kendaraan dari arah Jakarta dialihkan ke jalan Transyogi, yakni, Citeureup, Cileungsi dan Cariu. Lebih lanjut ia mengatakan, pengalihan jalan ini diperkirakan akan memakan waktu yang lama. Karena, ketinggian tanah yang menutup jalan itu lumayan tinggi.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya
Duel AS Roma vs AC Milan

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

AS Roma berhasil menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024