Jokowi Temui Wapres Pakai Baju Betawi, Bahas MRT

Jokowi ngopi Bareng Pewarta Foto Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Wakil Presiden RI Boediono menerima kedatangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di kantornya, Rabu 16 Januari 2013. Pertemuan ini digelar terkait pembahasan keberlangsungan proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT).

Jokowi datang ke kantor Wapres mengenakan pakaian khas Betawi. Sesuai jadwal, setiap hari Rabu, PNS Pemprov DKI wajib mengenakan pakaian adat ini.

Dalam pertemuan ini, keduanya akan fokus membahas mekanisme pembiayaan MRT. Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto juga turut hadir dalam rapat ini.

Seperti diketahui, hingga kini Menteri Keuangan Agus Martowardojo belum memutuskan skema pembiayaan MRT. Pembicaraan dengan Gubernur DKI Joko Widodo dan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menghadapi jalan buntu.

Menurut Agus, skema pembiayaan MRT masih menggunakan wacana lama, yakni 42 persen dana hibah untuk pemerintah pusat dan 58 persen berupa pinjaman lunak ke Pemerintah DKI selama 40 tahun. Agus meminta proyek moda transportasi massal ini tidak hanya dibangun dari Lebak Bulus sampai ke Dukuh Atas, namun juga hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Stasiun Kota. Dengan demikian, MRT bisa menjangkau hampir seluruh wilayah Jakarta.

Dengan skema saat ini, harga tiket MRT diperkirakan Rp38 ribu dalam satu kali jalan. Namun, Pemprov DKI Jakarta menginginkan ada penurunan hingga Rp 10-20 ribu.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pihaknya akan memutuskan skema pembiayaan MRT pada 16 Januari 2013. Kajian skema pembiayaan MRT itu sebenarnya sudah ada sejak tahun 2005. Namun, karena dinilai memberatkan Pemerintah DKI Jakarta, skema pembiayaan tersebut akan dikaji ulang.

Sementara, menurut Hatta, MRT tidak hanya soal kajian investasinya, tetapi juga kombinasi dari kajian-kajian di antara proyek MRT di negara lain. Dalam memutuskan skema pembiayaan MRT ini, ada sejumlah pihak yang akan terlibat, seperti Menteri Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappenas, Menteri Perhubungan, dan Gubernur DKI Jakarta. (eh)

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024