Puluhan Tentara Kopassus Bantu Evakuasi di Manggarai

pengungsi banjir Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews - Lokasi banjir parah di Ibu Kota Jakarta hari ini menjadi "medan laga" bagi Korps Pasukan Khusus (Kopasuss). Satuan militer elit itu mengerahkan 84 anggotanya untuk membantu evakuasi korban dan membawa bantuan logistik.

Menurut Komandan tim Kopasus Grup III Jakarta, Letnan II Infantri Robinson, misi kemanusian ini dilakukan karena beberapa wilayah DKI terendam banjir dan Kopassus akan ikut andil membantu masyarakat korban banjir. Dirinya pun ditugaskan untuk membantu evakuasi warga di sekitar pintu air Manggarai.

"Kami juga akan bertindak membantu mengevakuasi warga yang terkena banjir di tempat-tempat sulit ke tempat aman," kata Robinson, kepada VIVAnews, di pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis 17 Januari 2013.

Lebih lanjut, Robinson menyatakan tidak tahu kapan instruksi dari pimpinannya itu akan berakhir.

Namun, untuk membantu para korban, Robinson mengerahkan 84 anggotanya yang tersebar dibeberapa titik lokasi rawan banjir di sekitar Manggarai.

Tidak hanya itu, satuan anggota Kopassus ini juga membangun pos komando di pintu air Manggarai yang dilengkapi tiga perahu karet dengan peralatan lengkap, serta obat-obatan dan velbed (tempat tidur khas tentara).

Hingga saat ini tepat pukul 15.00 ketinggian volume air di pintu Manggarai sendiri sudah surut menjadi 925 cm, padahal saat jam 9 pagi ketinggian air mencapai 1.030 cm. (ren)

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya

Pencapaian Opini WTP Pemkot Tangsel ini yang ketiga di bawah kepemimpinan Wali Kota Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024