Komisi VIII DPR RI: Ratusan Ton Sampah Menumpuk di Kali Ciliwung

Sungai Ciliwung Siaga I
Sumber :
  • ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Gondo Radityo Gambiro, menyatakan kunjungan kerja komisi ke lokasi banjir di Kalibata, Jakarta, hari ini menemukan sampah yang banyak pada aliran kali Ciliwung.

"Sampah yang diperkirakan mencapai ratusan ton di Kali Ciliwung mengakibatkan jembatan beton yang melindungi kabel aliran listrik bertegangan tinggi patah semalam di bawah fly over di Kelurahan Rawajati dekat Kalibata," ujar Radityo dalam keterangan tertulisnya kepada VIVAnews, Jumat 18 Januari 2013.

"Tumpukan sampah yang mencapai lebih dari 50 meter tersebut terhadang jembatan pintu pengatur aliran air di bawah fly over," imbuhnya.

Saat ini, lanjut Radityo, petugas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupaya membersihkan sampah itu dengan menggunakan peralatan berat.

"Pihak BNPB bersama TNI AD sedang mengupayakan untuk mengangkut sampah di bawah fly over dengan mendatangkan buldozer," kata Radityo.

Radityo mengharapkan langkah antisipasi dari PLN untuk segera mematikan aliran listrik dari kabel-kabel putus itu agar tidak membahayakan masyarakat di sepanjang Kali Ciliwung.

"Perlu perhatian karena bahaya kabel tegangan tinggi tersebut," kata Radityo. (adi)

1000 Hari Kehidupan Penting untuk Cegah Stunting, Dimulai dari dan Sampai Kapan?
Chief Operating Officer – Media Services, Rohan Mahajan

OMG Indonesia promotes Rohan Mahajan to Chief Operating Officer – Media Services

Omnicom Media Group (OMG) Indonesia has promoted Managing Partner at PHD Indonesia, Rohan Mahajan, to Chief Operating Officer – Media Services.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024