Korban Tewas Banjir Bertambah

Banjir Grogol
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Seorang laki-laki ditemukan tewas mengambang di Kali Cijambe, Tambun Selatan, Sabtu 19 Januari 2013. Mayat yang ditemukan di dekat PT Delta Djakarta, Tambun Selatan, Bekas itu adalah seorang karyawan CV Cipta Tasya Mandiri.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

"Benar ditemukan mayat laki-laki di Kali Cijambe dan itu adalah karyawan PT Jasa Marga," ujar Kasubag PT Jasamarga Lalu Lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Cece Kosasih saat dihubungi VIVAnews.

Mayat itu bernama Samin, dan dia adalah partner kerja korban banjir yang sempat hanyut Kamis 17 Januari lalu. Dengan ditemukannya Samin, maka  bertambah mencapai belasan orang.

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

Mayat Samin itu ditemukan tersangkut di timbunan sampah di jembatan Wastewater Treatment Plant (WWTP) PT Delta Djakarta, Tambun Selatan, oleh seorang karyawan harian pabrik tersebut. "Tadi pagi ada mayat mengambang di sekitar pabrik," ujar Adi Ismanto, karyawan PT Delta Djakarta.

Menolong teman

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Kejadian ini bermula dari pembersihan saluran air yang tersumbat sampah yang mengakibatkan air meluap ke sebagian jalan tol. Lalu, Jasamarga mengerahkan tim untuk membersihkan saluran air di jalan tol Km. 19. "Kami mulai dari pukul 08.00 dan selesai pukul 14.00," kata dia. Setelah membersihkan saluran air, tim beristirahat untuk makan.

Tiba-tiba, lanjut Cece, seorang karyawan Jasamarga, Parta, terpeleset dan jatuh ke kali yang saat itu alirannya deras. Melihat temannya terpeleset, Samin menolong Parta. Namun, air yang mengalir sangat deras membuat keduanya hanyut. Cece dan teman-temannya segera menolong dua orang yang hanyut itu.

Parta berhasil ditemukan dalam kondisi selamat setelah tiga jam terombang-ambing aliran air. Dia kemudian dilarikan ke RS Mitra Keluarga Bekasi. "Kami langsung evakuasi Parta setelah kelihatan di seberang kali," kata Cece.

Sayangnya, Samin tidak berhasil ditemukan. Pencarian korban dilakukan tim SAR Brimob dan Jasmapala--SAR Jasamarga, hingga Kamis malam hingga pukul 23.00. Pencarian ditemukan keesokan harinya pada pukul 06.00, Jumat 18 Januari 2013 dan dihentikan pada siang hari karena hujan lebat.

Sabtu, 19 Januari 2013, Cece menerima telepon dari Polsek Tambun bahwa ada sesosok mayat yang ditemukan di sekitar area PT Delta Djakarta. "Jam 06.30 saya terima telepon dari kepolisian Tambun," kata dia.

Cece bersama timnya langsung pergi ke lokasi. Setibanya mereka di sana, mereka mengevakuasi dan melarikan korban ke RSUD Cibitung.

Selama tiga tahun dia bekerja di Jasamarga, dia mengaatakan baru tahu jika Kali Cijambe bisa meluap. "Baru tahun ketiga ini kali itu meluap. Padahal dua tahun sebelumnya tidak," kata dia.

VIVA Militer: Irjen TNI Laksdya TNI Dadi periksa kesiapan Satgas Monusco Konga

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Mereka akan menjalani operasi selama satu tahun di Republik Demokratik Kongo

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024