BNPB Siapkan Skenario Antisipasi Banjir Rob

Tanggul Muara Angke Jebol
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menyiapkan skenario guna mengantisipasi kemungkinan banjir Jakarta pada tanggal 23 hingga 27 Januari 2013 karena naiknya permukaan air laut (rob). Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa pada rentang tanggal di atas, ketinggian air muka laut naik mencapai 1 meter.

Inspirasi Membantu Sesama

"Skenario tersebut bisa mengatasi  jumlah pengungsi di atas 40 ribu orang, seperti yang terjadi pada tanggal 17 Januari lalu," ujar Fatkhul Hadi, Sekretaris Jenderal BNPB di Kantor Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU, Jakarta, Selasa 22 Januari 2013.

Namun, Fatkhul menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan semua peralatan dan penanganan pengungsi. "Kami sudah siap dengan titik pengungsian, tenda-tenda, perahu karet serta logistik dengan skenario tersebut," tambahnya.

Khusus untuk wilayah Jakarta Utara, BNPB akan menyiapkan tiga sampai empat titik pengungsian, di antaranya Penjaringan maupun Pluit. Saat ini, menurut Fatkhul, jumlah pengungsi di Jakarta Utara mencapai 5.040 jiwa.

BNPB terus memantau perkembangan ketinggian di wilayah laut Jakarta Utara dengan radar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Dirjen SDA Kementerian PU, Muhammad Hasan, menambahkan bahwa penanganan banjir yang masih menggenangi wilayah Jakarta Utara kini sudah berjalan dengan baik karena pompa penghisap air banyak dikerahkan.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

"Yang masih tergenang sampai wilayah Muara Karang. Kami sudah kirimkan pompa air, dengan berbagai kapasitas," kata Hasan.

Pompa penghisap yang dikirimkan itu antara lain dua unit berkapasitas 160 liter air per detik, satu satu unit berkapasitas 250 liter air per detik, dan satu unit berkapasitas 400 liter air per detik.

Timnas Indonesia U-23

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Duel Yordania vs Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A matchday ketiga di Stadion Abdullah Bin Nasser, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024