Jokowi Perintahkan Birokrasi Cepat Tanggap Bencana

Jokowi Tinjau Perbaikan Tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) Latuharhari
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta seluruh jajaran birokrasi di dinas terkait untuk mempersiapkan garis koordinasi dan melakukan koordinasi secara cepat mengenai persediaan bahan material dan bantuan bila bencana terjadi.

Jokowi memerintahkan hal itu dengan nada sedikit keras. “Dari hari pertama (Tanggul Latuharhary jebol) kita sulit cari batu, pasir, kenapa? Karena informasi soal pasir dan batu kita tidak punya. Masa untuk menunggu pasir batu saja harus sampai setengah hari,” kata Jokowi dalam rapat koordinasi dengan para lurah dan camat di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 23 Januari 2013.

Jokowi meminta semua bawahannya untuk belajar dari pengalaman jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat. “Jangan sampai masalah teknis seperti pengiriman bahan material dan alat berat terlambat sampai lokasi bencana karena belum jelasnya garis koordinasi,” kata dia.

“Maka saya minta asisten pembangunan ini untuk menyiapkan koordinasinya. Kita harus sudah tahu supaya ketika ada kejadian dan kita butuh pasir, kita telepon dan semua langsung datang,” kata mantan wali kota Solo itu.

Jokowi juga meminta ada catatan yang jelas mengenai pihak mana yang memegang alat berat seperti eskavator, pompa penyedot, dan pemadam. Harus dicatat pula berapa jumlah peralatan yang ada dan mesti pinjam ke mana bila peralatan kurang.

Jokowi juga meminta agar para camat dan lurah langsung menghubungi ke ponsel proibadinya bila ada hambatan yang sulit ditanggulangi. “Kalau memang ada kendala penting, lurah bisa hubungi saya. Camat bisa langsung ke saya. Tak usah lewat wali kota. Kalau memang perlu saya turun, lapor ke saya,” kata dia.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024