Pemerintah Segera Bahas Sodetan Ciliwung dengan DPR

Sungai Ciliwung Siaga I
Sumber :
  • ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, mengatakan pemerintah segera mengerjakan rencana pembangunan sodetan dari Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur untuk mengurangi risiko banjir di Jakarta. Dalam waktu dekat, rencana ini akan dibawa ke Dewan Perwakilan Rakyat.

"Dalam waktu dekat ini kami akan bahas dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat," kata Agus di Monas, Jakarta, Kamis 24 Januari 2013.

Agus mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 triliun untuk mengatasi banjir di Jakarta. Dana itu akan digunakan untuk normalisasi Kali Ciliwung, pembuatan MCK Umum, dan pembuatan Sodetan. Namun, rincian dana itu masih membutuhkan pembahasan di DPR. "Satu sodetan dari Senen-Ciliwung ke Kanal Banjir Timur diperkirakan memerlukan dana Rp500 miliar untuk 2013," kata dia.

Rencana tersebut, menurutnya, sudah menjadi program kerja Kementerian Pekerjaan Umum pada jangka panjang. Namun, dengan pengalaman banjir pada pekan lalu, pemerintah akan mempercepat realisasinya.

"Kemarin ketika kami melihat Kanal Banjir Timur tidak terlalu penuh diisi dengan limpahan air, dirasakan sudah waktunya kita buat sodetan dari Ciliwung ke sana," tandasnya. (adi)

Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang
Turis Korea lakukan tindakan tidak senonoh di Thailand

Viral Turis Korea Dikecam Gegara Tindakan Tak Senonoh di Festival Kebudayaan Thailand

Turis asal Korea telah menimbulkan kontroversi di Thailand pada baru-baru ini setelah tertangkap melakukan tindakan tidak senonoh di tengah perayaan budaya, Songkran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024