Ancol Taman Impian Gelar Lomba Foto dan Penulisan 2013

Ancol Taman Impian Gelar Lomba Foto dan Penulisan 2013
Sumber :

VIVAnews – Ancol Taman Impian memberikan kesempatan meraih hadiah total hingga ratusan juta rupiah bagi Anda yang hobi menulis dan memotret di Ancol.

4 Selebgram Indonesia yang Putuskan Bunuh Diri, Terbaru Meli Joker Saat Live Instagram

Di awal tahun 2013 ini, PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk (PJA), perusahaan pengembang kawasan wisata terpadu Ancol Taman Impian menggelar Lomba Foto dan Karya Tulis Ancol 2013 berhadiah total Rp250 juta lebih dengan tema “Mewujudkan Ancol Sebagai Ikon Wisata Edukasi”.

“Lomba ini terbuka dapat diikuti oleh pelajar (SMP dan SMA), khalayak umum (mahasiswa dan kalangan profesional), dan wartawan,” ujar Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk (PJA), perusahaan pengembang kawasan wisata terpadu Ancol Taman Impian di Jakarta, Rabu 23 Januari 2013.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Ancol Gelar Lomba Foto dan Penulisan

Khusus untuk pelajar, mahasiswa, serta kalangan profesional, karya foto yang dapat dilombakan merupakan foto yang diambil selama periode 24 Januari - 28 Februari 2013. “Karya foto harus mengenai objek atau kegiatan di dalam lingkungan Ancol Taman Impian dan paling lambat sudah diterima panitia pada 15 Maret 2013, ujarnya.

KPK Tetapkan Eko Darmanto Jadi Tersangka TPPU

Penjurian Lomba Foto dan Karya Tulis Ancol 2013 dilakukan selama periode 1 – 30 April 2013. Sebelumnya, panitia lomba akan melakukan verifikasi dan seleksi awal terhadap seluruh karya yang masuk untuk mendapatkan 25 karya di masing-masing jenis lomba dan kategori.

Dari 25 karya yang lolos seleksi awal tersebut, Dewan Juri Foto yang terdiri atas Oscar Motuloh (Ketua), Jay Subiyakto dan Kemal Jufri, serta Dewan Juri Penulisan terdiri atas Yayat Supriyatna (Ketua), Nirwono Yoga dan Moh Sobari kemudian akan menentukan nama-nama pemenang untuk masing-masing jenis lomba dan kategori. Pengumuman nama-nama pemenang lomba akan di informasikan melalui iklan di media cetak dan social media.

Salah satu ketua dewan juri foto Oscar Matuloh mengatakan, foto harus dibuat sebagaimana adanya. Foto dokumentasi dan tidak boleh melalui proses photoshop. “Karena ini foto cerita, penilaian konten tetap menjadi pertimbangan utama, selain pada tingkat kesulitan dan lainnya,'' tegasnya.

Ancol Gelar Lomba Foto dan Penulisan

Untuk lomba foto khusus wartawan, karya yang dilombakan tidak harus foto yang sudah dipublikasikan di media dan pengiriman karya foto paling lambat sudah diterima panitia pada 15 Maret 2013.

Sedangkan untuk lomba karya tulis, tulisan dapat berupa pengalaman menarik atau mengenai ide-ide baru terkait dengan objek atau kegiatan rekreasi di dalam lingkungan Ancol Taman Impian.

Tulisan yang dilombakan paling lambat sudah diterima panitia pada 30 Maret 2013. Khusus wartawan, karya tulis harus dimuat di media baik cetak maupun online atau setidaknya di blog dengan waktu pemuatan 16 Januari – 30 Februari 2013.

Eksistensi Ancol Taman Impian sebagai kawasan wisata terpadu dan terbesar di Asia Tenggara saat ini dan upaya menjadi salah satu tujuan wisata pilihan kelas dunia melatarbelakangi digelarnya Lomba Foto dan Karya Tulis Ancol 2013 ini. Sebagai sebuah kawasan wisata terpadu, Ancol tidak hanya menjadi tempat wisata semata melainkan pula sebagai tujuan rekreasi yang edukatif,jelas Winarto.

“Ancol Taman Impian telah menyediakan sarana yang memberikan kesenangan kepada masyarakat, akan tetapi belum memiliki arti penuh jika belum disertai dengan muatan pembelajaran. Melalui penyelenggaraan lomba ini kami ini juga ingin menegaskan komitmen Ancol yang tetap peduli terhadap kebutuhan masyarakat akan rekreasi bersifat menghibur namun mendidik dan menjadi kawasan wisata berbasis edutainment,”ujarnya.

Ancol sendiri, kata Winarto, berharap kesadaran masyarakat terhadap Ancol sebagai kawasan wisata sarat unsur edukasi makin meningkat melalui penyelenggaraan lomba ini. Selain dapat menambah pengetahuan para pengunjung, terutama anak-anak, Ancol adalah sebuah kawasan wisata yang juga mampu membangun daya kognitif siswa untuk lebih terampil dalam menambah kemampuan mengingat, memahami, menerapkan serta menciptakan daya kreativitas.

“Ancol juga ingin membangun kultur belajar kreatif itu menyenangkan dan sambil berwisata kita dapat belajar kreatif. Melalui lomba ini kami sangat berharap bisa mendapatkan masukan serta menjaring ide dan inspirasi baik dari media maupun masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan Ancol ke depan,” tutur Winarto.

Sejumlah hadiah telah dipersiapkan diantaranya, untuk  kategori pelajar, lomba foto maupun tulisan, juara I hadiah uang tunai Rp10 juta. Juara II uang tunai Rp5 juta, juara III Rp3 juta, dan tiga juara harapan masing-masing Rp2 juta.

Untuk kategori umum dan wartawan, lomba foto dan penulisan hadiah  bagi juara I adalah uang tunai Rp 20 juta, juara II uang tunai Rp10 juta, juara III uang tunai Rp5 juta, dan tiga hadiah untuk juara III, masng-masing Rp3 juta.

Informasi lebih lanjut tentang lomba foto dan penulisan ini dapat dilihat di www.ancol.com.  Jadi, tunggu apalagi segera daftarkan diri Anda! (WEBTORIAL)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya