Bahas Inpres Gangguan Keamanan, Kapolda Temui Jokowi

Jokowi - Ahok Rapat Dengan Lurah dan Camat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 4 Februari 2013. Mereka membahas pelaksanaan Instruksi Presiden No 2 Tahun 2013 tentang peningkatan efektivitas penanganan gangguan keamanan.

Menurut Putut, ia bersama Jokowi dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, akan melakukan langkah penjabaran terhadap instruksi presiden tersebut.

"Pertama kami lakukan rapat koordinasi untuk membuat semacam protap, siapa berbuat apa, bagaimana pelaporannya, kemudian juga akan ada arahan khusus bagaimana pelaksanaan di lapangan," ujar Putut.

Dalam waktu dekat akan digelar rapat koordinasi yang melibatkan seluruh jajaran pejabat di lingkungan Pemprov DKI, Kodam Jaya dan Kepolisian Polda Metro Jaya.

"Para lurah, kamtibnas, camat, koramil dan kapolsek kami kumpulkan jadi satu untuk diberikan arahan dari gubernur maupun dari saya sendiri," kata Putut.

Sementara itu, Jokowi mengatakan dikeluarkannya instruksi presiden ini merupakan suatu bentuk pencegahan sebelum terjadinya konflik sosial di masyarakat. Karena itu, agar pelaksanaan di lapangannya berjalan baik, sosialisasi kepada jajaran pemangku kebijakan di DKI Jakarta perlu dilakukan.

"Tindakan riil di lapangan, jadi itu yang mau kami arahkan terlebih dahulu. Lurah, camat semuanya, supaya yang di bawah bekerja untuk preventif dalam semua hal," ucap Jokowi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2013 tentang peningkatan efektivitas penanganan gangguan keamanan di seluruh tanah air, Senin 28 Januari 2013 lalu. Inti dari Inpres ini adalah instruksinya untuk meningkatkan efektivitas penanganan gangguan keamanan di seluruh tanah air.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto ditunjuk menjadi koordinator tim terpadu pelaksanaan Inpres itu. "Nanti susunan timnya saya susun," kata Djoko. (eh)

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024
Mauricio Pochettino

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Chelsea hancur lebur kalah bertandang ke markas Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris. Begini pengakuan manajer Chelsea, Mauricio Pochettino.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024