Monorel Jakarta Buatan China

Tiang monorel yang terbengkalai di Jalan Rasuna Said, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani
VIVAnews
Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS
- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan monorel Jakarta akan menggunakan produk bikinan China. Meski demikian, tidak seluruhnya diimpor dari negeri tirai bambu itu. "Ada sebagian yang lokal, seperti kursi dan kaca," kata Jokowi di Balaikota, Jakarta, Selasa 12 Januari 2013.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Dia mengatakan, keputusan ini sudah tepat, karena belum pernah ada monorel lokal sebelumnya. "Jangan langsung lokal, saya kira kombinasi," katanya.
Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan


Meski bikinan China, dia mengatakan, tak seluruhnya dibikin di sana. Ada bagian-bagian yang tetap dibuat di Indonesia, khususnya suku cadang yang mudah. "China pun awalnya belajar dari Jepang dan Korea," katanya. "Selain monorel, sinyal dan  sistem konstruksi juga sebagian dari China."


Sebelumnya Jokowi mengaku masih menunggu kelengkapan dokumen dari PT Jakarta Monorail untuk merealisasikan proyek ini. Jika semua dokumen lengkap, pembangunan monorel di ibu kota segera dilaksanakan.


Kelengkapan dokumen ini berkaitan dengan adanya investor baru, karena PT Adhi Karya telah mengundurkan diri dari proyek monorel.  (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya