Jokowi: Pasien RS Melonjak Dampak Kartu Jakarta Sehat

Dara Nur Anggraini Menjalani Perawatan di RS Tarakan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Kisah tragis Dera Nur Anggraini telah menyita perhatian masyarakat hingga petinggi negara. Lahir prematur, bayi ini meninggal di tengah keterbatasan fasilitas intensif khusus bayi atau Neonatal Intensive Care Unit (NICU) di rumah sakit-rumah sakit DKI Jakarta.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, bertekad segera membenahi manajemen rumah sakit di Jakarta dan melengkapinya dengan sistem online. “Besok saya panggil programmer datang membicarakan (sistem interkoneksi online antar-RS),” kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 20 Februari 2013.

Ia mengatakan, sistem online yang bakal diterapkan di rumah sakit-rumah sakit Jakarta akan menginformasikan RS mana yang Unit Gawat Darurat atau kamarnya masih kosong, dan RS mana yang kamarnya sudah penuh.

Jokowi mengatakan, banyak kamar di RS penuh karena dampak dari Kartu Jakarta Sehat. “Pasien di RS membludak karena masyarakat kini sedikit sakit langsung datang ke RS dan puskesmas,” kata dia. Ia mengaku sistem manajemen antar-RS belum terintegrasi dengan baik.

“Kami harus bicara apa adanya. Kalau memang kurang ya kurang, tidak usah ditutup-tutupi,” ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Jakarta hanya memiliki 143 NICU yang tersebar di lima wilayah ibu kota –  Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati, merinci, dari 143 NICU yang tersebar di Jakarta, di Jakarta Pusat terdapat sebanyak 45 NICU, di Jakarta Utara 14 NICU, Jakarta Barat 33 NICU, Jakarta Selatan 16 NICU, dan Jakarta Timur 35 NICU.

Dien mengatakan, untuk kondisi gawat darurat seperti yang dialami bayi Dera, selain NICU juga dibutuhkan dokter anak khusus dan perawat khusus. Sementara kenyataannya, sejumlah RS di Jakarta hingga saat ini masih mengalami krisis sumber daya manusia di tim medis. (ren)

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit
Hard Gumay

Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

Terhadap perkembangan kasus korupsi tersebut, Hard Gumay memprediksi bahwa kisah Sandra Dewi dan Harvey Moeis akan selesai. Meskipun dia tidak menjelaskan secara rinci.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024