Menkes Minta Masyarakat Jangan Ulangi Tragedi Dera

Menkes Nafsiah Mboi Raker dengan Komisi IX DPR
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan fokus masyarakat di bidang kesehatan lebih banyak ke hilir (akhir) ketimbang hulu (awal). Menurutnya, meninggalnya bayi Dera Nur Anggraini adalah salah satu dampak dari persoalan hulu yang tidak terselesaikan dengan baik.

"Dera, bayi yang lahir prematur, berat badan 1 kg, tidak ada kerongkongan, paru-paru belum normal. Seakan-akan dia tidak boleh meninggal?" kata Nafsiah di Jakarta, Senin 25 Februari 2013.

Nafsiah melihat pikiran masyarakat lebih banyak ke hilir, dengan meminta penambahan jumlah fasilitas kesehatan seperti tempat tidur, rumah sakit, perawat atau dokter. Padahal persoalan di hulu seperti bagaimana meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan juga menjadi faktor yang penting.

"Bagaimana supaya kita mencegah kelahiran prematur, mencegah cacat bawaan. Ini akar masalahnya," ujarnya. Nafsiah lalu mengajak masyarakat tak selalu lari ke hilir jika ada masalah kesehatan.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Penyuluhan Remaja

Ia juga mengatakan perlunya membangun pusat kesehatan nutrisi agar masyarakat tahu dan bisa mencegah masalah-masalah hulu. "Adakah puskemas ramah remaja yang bisa memberikan penjelasan tentang gizi terbaik, kesehatan reproduksi, dan dampak kehamilan terlalu muda?"

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Menurut dia, angka kehamilan wanita berusia antara 15 sampai dengan 19 tahun terus meningkat dan cenderung membahayakan kesehatan, baik si ibu dan bayinya.

"Perempuan lebih suka langsing, apa dampaknya terhadap kehamilan, air susu, mari kita lihat," katanya.

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Nafsiah menambahkan dalam hal fasilitas, WHO menilai Indonesia sudah cukup, dan justru kelebihan di beberapa provinsi. Oleh karena itu, penambahan fasilitas kesehatan tidak bisa terus dilakukan tanpa meningkatkan mutu. (ren)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 6 poin atau 0,09 persen di level 7.167, pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024