Dahlan: Rumah Sakit Harus Dahulukan Pemilik Kartu Jakarta Sehat

Kartu Jakarta Sehat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri BUMN, Dahlan Iskan, meminta pengelola rumah sakit untuk tidak pilih kasih dalam memberikan pelayanan terhadap pasien. Pasien yang memiliki Kartu Jakarta Sehat (KJS) harus mendapatkan prioritas pelayanan di rumah sakit.

Dahlan mencemaskan rumah sakit yang lebih mendahulukan pelayanan bagi pasien yang tidak memiliki KJS. Kondisi itu membuat pasien yang mendapatkan jaminan kesehatan dari Pemerintah DKI Jakarta tidak tertangani.

"Rumah sakit harus konsisten," ujar Dahlan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jalan Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat, Rabu 27 Februari 2013.

Di sisi lain, menurut Dahlan, warga yang memegang KJS harus bijak menggunakan jaminan kesehatannya itu. Warga Jakarta yang hanya sakit dan keluhan ringan yang bisa disembuhkan dengan penanganan dokter Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat, sebaiknya tidak langsung berobat ke rumah sakit.

Sebab, jika penggunaan KJS itu tidak bijak dan akhirnya rumah sakit jadi kebanjiran pasien yang menderita penyakit ringan, dikhawatirkan menyulitkan rumah sakit untuk memberikan pelayanan pasien lain yang penyakitnya lebih parah.

"Jadi, jangan dengan KJS, orang digigit nyamuk saja berobat ke rumah sakit," kata Dahlan.

Dahlan pun mengusulkan sistem informasi bagi Puskesmas agar dapat mengakses data kamar rumah sakit melalui sistem komunikasi yang terpadu. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi bila pasien berobat ke Puskesmas dan penyakitnya ternyata tidak bisa ditangani.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Melalui sistem komunikasi terpadu itu, dokter Puskesmas bisa mengecek rumah sakit yang memiliki kamar kosong dan merujuknya agar dapat penanganan serta perawatan lebih baik.

"Setelah pasien datang ke Puskesmas dengan KJS, dokter akan memeriksa dan menangani. Kalau penyakitnya tidak bisa ditangani, baru ada surat pengantar ke rumah sakit. Dokter membuka situs yang memberikan informasi rumah sakit yang tempat tidurnya masih free dan dirujuk ke sana," kata Dahlan. (art)

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, menegaskan kalau kehadiran Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali ke rumah pribadi Prabowo Subianto dalam rangka silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024