VIDEO: Mulai April, KRL Ekonomi Resmi Dihapus

KRL Bogor-Jakarta.
KRL Bogor-Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Mulai April mendatang, pengguna kereta tak lagi dapat menggunakan jasa Kereta Listrik (KRL) Ekonomi Jabodetabek. Dengan alasan peningkatan pelayanan, kereta api jenis tersebut akan diganti dengan kereta ekonomi AC dengan tarif Rp8 ribu.

PT Kereta Api Commuter Jabodetabek berencana menghapus kereta yang selama ini jadi primadona masyarakat berpenghasilan minim. Manajer Komunikasi PT KCJ, Eva Chairunisa mengungkapkan bahwa kereta yang tidak layak operasi sangat berisiko baik dari sisi keamanan maupun kenyamanan penumpang.

Tentu saja rencana kenaikan ini mendapat penolakan penumpang kelas ekonomi. Menurut mereka kenaikan ongkos sangat memberatkan. Seperti yang diungkapkan oleh Jaya. "Kalau naiknya jadi Rp3.000 saya setuju," kata Jaya.

Penumpang lainnya, Lolo, meminta agar pemerintah memberikan subsidi KRL berpendingin yang diperuntukkan bagi rakyat tidak mampu. "Kereta diubah jadi memiliki AC semua tidak apa-apa asalkan ongkos tidak naik," ucapnya. Lihat videonya di sini

Sebenarnya wacana penghapusan kereta ekonomi ini sudah digulirkan sejak lama. Pada Juni tahun lalu, Direktur Utama PT Kereta Api Ignasius Jonan mengumumkan bahwa secara bertahap rangkaian ekonomi yang sudah tidak layak jalan diganti dengan KRL AC atau Commuter Line. (eh)