Malam Takbiran, Ratusan Polisi Amankan Jakarta

Warga Jakarta Konvoi Rayakan Takbir
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Polda Metro Jaya menurunkan 567 personel gabungan untuk mengamankan malam takbiran yang diperkirakan terjadi malam ini Rabu 7 Agustus 2013. Pihaknya membagi petugas untuk menjaga tiga kawasan yang akan jadi pusat kumpul warga.

Mereka akan difokuskan untuk menjaga Ancol, Bundaran Hotel Indonesia dan Monas, yang diperkirakan akan menjadi pusat perayaan malam takbir. "Jumlah tersebut untuk antisipasi takbir keliling dan perjelahian antar warga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto.

Meski demikian, kepolisian masih menunggu keputusan pemerintah, kapan puasa akan berakhir. "Kita masih menuggu keputusan pemerintah, apakah malam ini atau besok, tapi petugas sudah siap," ujar dia.

Tapi, Rikwanto menghimbau kepada seluruh warga, untuk tidak melakukan keliling pada saat takbir. Takbiran, cukup dilakukan di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

"Kita pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak dampak negatifnya," kata Rikwanto.

Misalnya, kata Rikwanto, banyak warga yang duduk di pinggir truk, dan di atas bus pada malam takbiran. Sehingga, banyak penumpang yang jatuh dan akhirnya meninggal dunia. "Ini tidak patut Idul Fitiri meninggal dunia, ada juga warga yang berkelahi, makannya tidak usah ke daerah-daerah lain," ujar dia.

Rikwanto menegaskan, jika masih ada warga yang pada saat konvoi untuk takbiran tetap duduk di pinggir truk, maka polisi tak segan-segan untuk menilang. "Atau paling tidak kami suruh kembali," ujar dia.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024