Butuh 10 Tahun Tertibkan Kabel dan Pipa Penyebab Banjir

Banjir Menggenangi Jakarta Barat
Banjir Menggenangi Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Semerawutnya kabel dan pipa bawah tanah menjadi penyebab genangan dan banjir saat hujan melanda Jakarta. Banyak sampah yang tersangkut di kabel dan pipa membuat aliran air dalam gorong-gorong tersumbat dan membuat banjir.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, masalah tersebut dapat diatasi dengan pembuatan ducting. Namun, penataan dan pembuatan ducting tidak mudah dan butuh waktu yang panjang.

"Pembangunan ducting di Jakarta butuh waktu sekitar 10 tahunan. Itu juga sulit melakukannya," kata Jokowi setelah meninjau titik genangan di kawasan TB Simatupang, Senin 11 November 2013.

Dengan adanya ducting semua kabel dan pipa bisa ditempatkan dalam satu titik dan memisahkannya dari saluran pembuangan. Ini juga untuk menghindari sistem gali-kubur yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur di Jakarta. Kerusakan ini bukan hanya berdampak pada banjir tapi berdampak pada kemacetan dan kerawanan lalu lintas.

Dari hasil pantauan di lapangan, banyak perusahaan melakukan pelanggaran saat memasang kabel dan pipa bawah tanah. "Aturannya itu ditanam 1,3 meter, ini coba lihat, hanya 10 centi saja. Sudah gitu nanti digali, ditambal lagi, rusak deh semua," katanya.

Ditambahkan Jokowi, ducting jadi prioritas baru untuk menanta Jakarta agar bebas dari banjir. Dinas Pekerjaan Umum juga diminta untuk menyurati pemilik utilitas seperti Telkom, PLN, PDAM dan PGN untuk menertibkan semua utilitas yang mereka miliki agar sesuai dengan aturan. Koordinasi ini sebagai langkah awal untuk penertiban sementara sebelum dipermanenkan dalam satu area khusus.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnanama mengatakan ducting hal yang tidak bisa ditawar oleh sebuah kota besar seperti Jakarta. Selain mencegah banjir dan rusaknya berbagai fasilitas umum ducting merupakan pemasukan.

"Kedepan mereka harus sewa untuk pakai ducting. Kan kita siapkan untuk kemudahan usaha mereka juga," katanya.