Legiun Veteran Kini Setuju Akses Plaza Semanggi Ditutup Asalkan ...

Kepadatan Lalu Lintas di Depan Plaza Semanggi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menutup akses masuk Plaza Semanggi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Jalan tersebut ditutup karena menjadi salah satu penyebab kemacetan.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Rencana ini sempat ditentang oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang ikut berkantor di pusat belanja itu. Namun setelah melakukan dialog akhirnya LVRI sepakat untuk menutup akses dari arah Slipi menuju Gatot Subroto.

"Kami sudah terima surat dari LVRI. Mereka mempersilahkan kami menutup akses jalan masuk itu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, Jumat 6 Desember 2013.

Ahok sapaan Basuki, menjelaskan, berdasarkan surat itu, penutupan baru boleh dilakukan setelah jalur alternatif rampung. "LVRI bilang kalau jalur alternatif untuk akses jalan masuk yang ada di belakang gedung selesai, akses jalan masuk di Gatot Subroto silakan ditutup," ujarnya.

Sesuai kesepakatan, sebelum jalan alternatif siap digunakan maka akses munuju Plaza Semanggi di bagian depan akan tetap dibuka. Para veteran mengatakan bahwa akses utama itu dimanfaatkan untuk mereka berkantor.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku akan mempercepat pembangunan jalan alternatif menuju Plaza Semanggi. Untuk mempercepat pengerjaan, Pemprov DKI akan mengejar kewajiban para pengembang yang masih memiliki utang.

Sesuai aturan, setiap pengembang wajib menyediakan 20 persen dari total area yang mereka bangun untuk fasilitas publik. Salah satu pengembang yang ditagih memenuhi kewajiban adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Perusahaan putra bungsu mendiang Presiden Soeharto ini akan membangun apartemen di lahan kosong di samping Plaza Semanggi.

Tommy juga sudah datang ke Balai Kota menemui Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, terkait pembangunan apartemen mewah itu. "Pak Tommy minta izin buat bangun apartemen di kawasan Gatot Subroto," kata Ahok.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024