Kemenhub Segera Tutup Perlintasan Sebidang Rel Kereta

Pintu Perlintasan KA Dijaga Sukarelawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang
- Kementerian Perhubungan akan segera menutup semua perlintasan sebidang rel kereta yang sudah dibangun jalan layang (
flyover
Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
) atau terowongan ( underpass
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024
). Ini untuk mengurangi risiko kecelakaan di perlintasan kereta.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko, ketika ditemui dalam acara diskusi di Jakarta, Sabtu 14 Desember 2013, mengatakan saat ini masih ada beberapa perlintasan sebidang yang dibuka di Jakarta, padahal di atasnya sudah ada
flyover
.


"Contohnya itu ada di Stasiun Senen, Tebet dan juga di Kalibata," katanya.


Kedua perlintasan sebidang di lokasi itu masih dilewati oleh kendaraan secara bebas. Dan ini sudah terjadi selama bertahun-tahun.


Pemerintah pusat, menurut Hermanto, sudah beberapa kali menyurati Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Namun hingga saat ini perlintasan tersebut belum ditutup.


Untuk itu, Hermanto mengatakan dengan kejadian tabrakan KRL dengan truk tangki bahan bakar minyak di perlintasan kereta Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan, dapat dijadikan sebagai momen untuk melakukan penertiban di perlintasan sebidang. Pemerintah daerah juga diimbau untuk segera melakukan penutupan.


Bila perlintasan tersebut tidak ditutup, maka maksud dan tujuan pembangunan
flyover
untuk mengurangi tingkat kecelakaan tidak akan terealisasi. Hermanto menambahkan, perlintasan resmiĀ  di area Jawa ada sebanyak 4.593 perlintasan dan di daerah Sumatera ada 701 perlintasan. Dari total tersebut menurutnya yang tidak dijaga di daerah Jawa ada 410 perlintasan dan Sumatera ada 208 perlintasan.


"Kebanyakan yang tidak dijaga adalah area perlintasan yang dipandang tidak rawan dan merupakan perlintasan di jalan yang kecil," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya