Uji Coba Penutupan Pintu Tol Akan Dievaluasi, Dipatenkan?

Uji Coba Penutupan Pintu Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Terpopuler: Tanda Kiamat Menurut Gus Baha, Kebaya Mahalini Jadi Sorotan
- Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Sambodo Purnomo, mengatakan, berdasarkan uji coba penutupan empat pintu tol dalam kota, kemacetan di jalur reguler berhasil ditekan.

Cek Fakta: Alex Ferguson Komentari Kekalahan Timnas Indonesia dari Irak di Piala Asia U-23

Menurut Sambodo, uji coba yang dilakukan selama sepekan ini, nantinya akan dievaluasi bersama pihak terkait. Evaluasi itu juga akan menentukan apakah penutupan pintu tol ini akan diberlakukan permanen atau justru ditiadakan.
Terpopuler: Bukti Kencan Kim Soo Hyun-Kim Ji Won, Teuku Ryan Dibawa Berobat dan Ruqyah


"Pekan depan rencananya kami akan koordinasi dengan Jasa Marga untuk evaluasi penutupan pintu tol ini. Kalau memang baik maka akan dipatenkan kalau tidak akan dicari solusi lainnya," ujar Sambodo, Jumat 20 Desember 2013.


Berdasarkan hasil pantauannya selama empat hari pelaksanaan uji coba, penutupan pintu keluar tol di Tegal Parang, Rumah Sakit Dharmais, dan dekat Bukopin pukul 08.00 WIB hingga  10.00 WIB lebih lancar dari hari sebelumnya. "Ini karena para pengguna kendaraan telah mengetahui adanya uji coba itu," kata Sambodo.


Kepala Humas Jasa Marga Pusat, Wasta Gunadi menambahkan, adanya perbandingan situasi lalu lintas sebelum dilakukan uji coba ini. Misalnya

di pintu keluar Tol Slipi RS Dharmais, sebelum ditutup kemacetan terjadi mulai dari depan rumah sakit hingga ke arah Grogol.


Namun setelah uji coba penutupan itu dilakukan, kemacetan justru hanya terjadi di dekat RS Dharmais saja.


"Apabila uji coba ini memang dapat mengurai kemacetan, kemungkinan besar kami akan mengusulkan agar uji coba penutupan pintu tol ini dilanjutkan," jelas Wasta.


Seperti diketahui, penutupan pada pagi hari dimulai dari pukul 08.00-10.00 WIB ini berlaku di pintu keluar Dharmais, Bukopin dan Tegal Parang. Sedangkan untuk Semanggi 1, rencananya akan dilakukan penutupan selama empat jam pada sore hingga malam hari, yakni pukul 16.00-20.00 WIB. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya